Inilah Bli Suksma dan Gek Suksma, Hiu Kembar Maskot AWBG Bali 2023

Minggu, 30 April 2023 18:35 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Indra Citra Sena
© NOC Indonesia
Bli Suksma” & “Gek Suksma” Jadi Maskot AWBG Bali. (Foto: NOC Indonesia) Copyright: © NOC Indonesia
Bli Suksma” & “Gek Suksma” Jadi Maskot AWBG Bali. (Foto: NOC Indonesia)

INDOSPORT.COM - NOC Indonesia baru saja meresmikan dua maskot 2nd ANOC World Beach Games Bali 2023, Bli Suksma dan Gek Suksma, dalam CdM Seminar Meeting, Sabtu (29/4/23).

Maskot tersebut terinspirasi dari hiu sirip hitam (blacktip shark) yang ada di perairan Indonesia, terutama di Bali dan Raja Ampat.

Maskot dinamai berdasarkan julukan yang sering digunakan dalam bahasa Bali untuk menyebut saudara laki-laki (bli) dan saudara perempuan (gek).

Sementara Suksma atau "Terima Kasih" menjadi arti bahwa Bali selalu siap memberikan hospitality terbaik. Keduanya mewakili semangat keramahan yang ditonjolkan dalam budaya setempat.

“Kami dengan bangga memperkenalkan 'Bli Suksma' dan 'Gek Suksma' sebagai maskot resmi untuk AWBG Bali 2023,” kata Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

“Bli Suksma dan Gek Suksma siap menyambut para delegasi yang akan datang ke Bali pada Agustus nanti. Maskot ini mewakili kegembiraan dan semangat AWBG Bali,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Raja Sapta Oktohari menegaskan pemilihan hewan hiu sirip-hitam sebagai maskot AWBG Bali 2023 karena merupakan salah satu jenis hiu yang ditemukan di laut Indonesia, terutama Bali dan Raja Ampat.

Hiu sirip-hitam merupakan ikonik spesies yang mewakili kekayaan kehidupan laut Indonesia serta mengingatkan pada perlunya melindungi dan memeliharanya untuk generasi penerus bangsa.

“Dengan menggunakan hiu sirip-hitam sebagai maskot, kami juga meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus mempromosikan pelestarian blacktip sharks,” kata Okto.