Kukuhkan Kontingen Indonesia SEA Games 2023, Menpora Titip Target 60 Emas

Selasa, 2 Mei 2023 10:05 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Indra Citra Sena
© NOC Indonesia
Menpora Dito Ariotedjo dan NOC Indonesia Resmi Kukuhkan Tim Indonesia SEA Games 2023. Copyright: © NOC Indonesia
Menpora Dito Ariotedjo dan NOC Indonesia Resmi Kukuhkan Tim Indonesia SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM - Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja resmi dikukuhkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, di Lapangan Kemenpora, Selasa (2/5/23).

Ketum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, Wakil I Ketua KONI Pusat, Suwarno, serta Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Lexyndo Hakim, ikut hadir dalam upacara pengukuhan tersebut.

Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja terdiri dari 599 atlet yang kemudian tersebar di 31 cabang olahraga (cabor).

Menpora Dito Ariotedjo sendiri menargetkan 60 medali emas untuk dibawa pulang demi mempertahankan peringkat ketiga di klasemen akhir perolehan medali.

Terkait cabor dan atlet-atlet yang diberangkatkan sudah lebih dulu melalui seleksi dan review dari tim yang terdiri dari akademisi, praktisi dan juga ada perwakilan dari KONI dan KOI.

Penetapan kontingen didasarkan pada catatan prestasi, rekam jejak dan pertimbangan-pertimbangan lain yang dimiliki oleh atlet.

Menpora berharap pengiriman kontingen SEA Games ini menjadi batu loncatan bagi atlet untuk mempersiapkan diri mengikuti Asian Games 2022 Hangzhou, China sekaligus kualifikasi Olimpiade Paris 2024 yang tidak akan lama lagi.

"Hal ini implementasi dari Perpres tentang DBON dan ini diharapkan dengan pembinaan berkelanjutan untuk mampu menghasilkan prestasi optimal di multi-event internasional," kata Menpora Dito, Selasa (2/5/23).

"Multi-event SEA Games dan Asian Games dapat jadikan target antara menuju Olimpiade. Jadi sesuai semangat Ketua NOC, target kita Olimpiade," jelasnya.