Usai Banding, Safira Akhirnya Raih Medali Emas Pencak Silat SEA Games 2023

Rabu, 10 Mei 2023 18:02 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram@safiradwimeilani
Pesilat Indonesia, Safira Dwi Meilani, akhirnya meraih medali emas cabang olahraga pencak silat SEA Games 2023 untuk women tanding class B. (Foto: Instagram@safiradwimeilani) Copyright: © Instagram@safiradwimeilani
Pesilat Indonesia, Safira Dwi Meilani, akhirnya meraih medali emas cabang olahraga pencak silat SEA Games 2023 untuk women tanding class B. (Foto: Instagram@safiradwimeilani)

INDOSPORT.COM – Pesilat Indonesia, Safira Dwi Meilani, akhirnya meraih medali emas cabang olahraga pencak silat SEA Games 2023 untuk women tanding class B.

Hal ini terungkap dari unggahan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) pada hari Rabu (10/05/23).

“Emas ke-33 untuk Indonesia! Setelah melakukan banding, hasil pertandingan diputuskan bahwa Safira Dwi Meilani berhak menjadi pemenang cabang olahraga pencak silat di nomor Women Tanding Class B,” tulis akun twitter resmi Kemenpora RI.

Sebagai catatan, Safira Dwi Meilani kemudian mendapatkan medali emas di cabang olahraga pencak silat untuk women tanding class B.

Sebelumnya, atlet pencak silat satu ini sempat dinyatakan gagal mendapatkan medali emas usai didiskualifikasi di babak final.

Dalam pertandingan tersebut, Safira sempat didiskualifikasi oleh wasit asal Malaysia, padahal waktu tinggal menyisakan 18 detik dan Safira sudah unggul telak.

Safira masih unggul secara poin dari pesilat Vietnam, Nguyen Hong Hong An, pada final pencak silat Women’s Tanding Class B pada hari Rabu (10/05/23).

Safira unggul telak 18 angka atas pesilat Vietnam tersebut, sehingga sebenarnya sangat layak untuk menang.

Pesilat yang satu ini juga menjadi salah satu dari pesilat Indonesia yang turun di cabor pencak silat SEA Games 2023.

Beberapa pemain yang juga turun di nomor pencak silat adalah Suci Wulandari (kelas under 45 kg), Jeni Elvis Kause (class C), Atifa Fismawati (class D), dan Nia Larasati (Class D).