In-depth

Deretan Aksi Curang yang Menimpa Kontingen Indonesia di SEA Games 2023: Ada Pencak Silat hingga Bulutangkis

Rabu, 10 Mei 2023 17:23 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Instagram@safiradwimeilani
Sederet aksi kurang menyenangkan dirasakan para kontingen Indonesia selama mentas di SEA Games 2023, tak tanggung-tanggung wakil Merah Putih sampai gagal juara! (Foto: Instagram@safiradwimeilani) Copyright: © Instagram@safiradwimeilani
Sederet aksi kurang menyenangkan dirasakan para kontingen Indonesia selama mentas di SEA Games 2023, tak tanggung-tanggung wakil Merah Putih sampai gagal juara! (Foto: Instagram@safiradwimeilani)

INDOSPORT.COM – Sederet aksi curang alias kurang menyenangkan yang dirasakan para kontingen Indonesia selama mentas di SEA Games 2023. Tak tanggung-tanggung, wakil Merah Putih sampai gagal dapat medali emas akibat indikasi curang saat bertanding.

Kondisi kurang menyenangkan Indonesia sejatinya sudah dirasakan saat pembukaan SEA Games 2023 pada Jumat (05/05/23) lalu.

Dalam acara yang berlangsung di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja tersebut, ada sebuah insiden Insiden yang membuat warganet dan segenap rakyat Indonesia meradang.

Dalam video maupun footage yang banyak beredar di media sosial, terlihat bendera Indonesia dibawa oleh salah satu penari di panggung.

Hanya saja, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan warna bendera yang terbalik yakni putih berada di atas dan merah di bawah.

Tidak ayal, kesalahan ini pun menyulut emosi para warganet yang kemudian menyeruduk akun media sosial SEA Games 2023 Kamboja.

Menyusul insiden ini, Kamboja selaku tuan rumah dikabarkan sudah meminta maaf kepada Indonesia dan memastikan kejadian serupa tidak terulang saat acara utama.

Tak cuma itu, ternyata selama gelaran SEA Games 2023 pun wakil Indonesia masih merasakan aksi kurang menyenangkan, terutama dari perangkat pertandingan yang memimpin kontingen Merah Putih.

Teranyar, jagat maya pun ramai setelah salah satu atlet pencak silat Tanah Air, Safira Dwi Meilanie, dikabarkan gagal menyabet medali emas, setelah wasit dan juri yang memimpin pertandingan dianggap melakukan keputusan merugikan buat Indonesia.

Berikut INDOSPORT coba merangkum, tiga momen indikasi curang yang diterima wakil Indonesia sepanjang gelaran SEA Games 2023: