Atlet Renang Pulang Duluan Konvoi SEA Games 2023, Begini Klarifikasi Menpora

Jumat, 19 Mei 2023 18:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da
Menpora, Dito Ariotedjo melepas tim baseball ke piala asia. Copyright: © Petrus Manus Da
Menpora, Dito Ariotedjo melepas tim baseball ke piala asia.

INDOSPORT.COM - Atlet renang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa, memutuskan berpisah dengan rombongan dan tidak mengikuti konvoi "Kirab Juara SEA Games Kamboja 2023" di Jakarta, Jumat (19/5/23) pagi. Ia merasa merasa cabor lain tak dihargai seperti sepak bola.

Tadi pagi, seluruh cabang olahraga yang meraih medali di SEA Games 2023 turut diundang. Namun, rombongan sepak bola alias timnas Indonesia U-22 berada di barisan paling depan, barulah kemudian cabor lain mengikutinya dengan bus Bandros.

Dalam bus timnas U-22 juga hadir Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, Ketua NOC Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, dll.

Konvoi start dari depan Kemenpora melewati Sudirman, Bundaran HI, lalu kembali ke kawasan Senayan, tepatnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Siman Sudartawa semula ikut dalam rombongan kirab bersama dengan para atlet dari cabang-cabang olahraga lainnya. Tapi sekitar pukul 09.45 WIB, dia turun meninggalkan mobil dan keluar dari barisan rombongan.

Atlet asal Bali itu mengatakan merasa tak dihargai sejak acara pembukaan di Kemenpora sebelum konvoi dimulai. Bagaimana tidak, Siman dan puluhan atlet peraih medali SEA Games lainnya tiba sebelum pukul 08.00 WIB seperti yang sudah ditentukan.

Namun, Siman dan para atlet lainnya diminta pemandu acara untuk bersabar karena masih harus menunggu timnas Indonesia U-22 yang tak kunjung datang.

Menanggapi situasi tersebut, Menpora Dito Ariotedjo lantas memberikan penjelasan. Dia memastikan tak ada niatan untuk mengutamakan cabor sepak bola. 

"Jadi memang tadi Siman, atlet renang itu, kebetulan teman saya. Menurut saya, semua sudah bagus di awal, ternyata ada kekecewaan dari atlet renang," kata Dito Ariotedjo.

Diketahui, Kemenpora sudah menyiapkan acara pembukaan dengan semarak karena ada JKT48, Marshel, Dustin, DJ, dsb, tapi acaranya memang sedikit terlambat karena menunggu atlet sepak bola.

"Tapi kami juga tidak berniat seperti itu, karena justru hari ini mencoba untuk mengapresiasi, baru pertama kalinya atlet SEA Games kami apresiasi untuk pawai di Jakarta," jelas Menpora.

Diakui Menpora, Kirab Juara dilakukan karena kontingen Indonesia mencatatkan hasil positif di SEA Games 2023. Laskar Merah Putih membawa pulang 87 medali emas, melampaui target 69 emas yang digaungkan Presiden RI, Joko Widodo.