In-depth

Profil Indonesia Arena: Stadion Indoor Baru Multifungsi Mewah Karya Anak Bangsa

Rabu, 21 Juni 2023 16:45 WIB
Editor: Juni Adi
© Perbasi
Menpora Dito Ariotedjo Jajal Indoor Multifunction Stadium (IMS) FIBA World Cup 2023, Rabu (08/06/23). Copyright: © Perbasi
Menpora Dito Ariotedjo Jajal Indoor Multifunction Stadium (IMS) FIBA World Cup 2023, Rabu (08/06/23).

INDOSPORT.COM - Indonesia Arena atau Indoor Multifunction Stadium (IMS) adalah rumah baru karya anak bangsa yang siap digunakan untuk berbagai event termasuk olahraga.

Giat pemerintah melakukan perbaikan terhadap sejumlah stadion sepak bola agar berstandar internasional, ternyata diimbangi juga dengan pembuatan gedung olahraga baru bersifat multifungsi di Jakarta.

Venue tersebut bernama Indonesia Arena. Saat ini pembangunan sudah hampir rampung, karena bakal digunakan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia Basket atau FIBA World Cup 2023.

Indonesia pertama kalinya bersama Jepang dan Filipina terpilih menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 pada 2017 lalu yang bakal digelar mulai 25 Agustus 2023 mendatang.

Indonesia Arena atau dengan nama lain Indoor Multifunction Stadium (IMS), akan menggelar pertandingan babak penyisihan grup G dan H.

Di grup G ada Iran, Spanyol, Pantai Gading, dan Brasil. Sementara Grup H terdiri dari Kanada, Latvia, Lebanon, dan Prancis. FIBA World Cup 2023 menjadi event olahraga pertama yang bakal digelar di Indonesia Arena.

Ada rencana juga bakal menggelar event olahraga selanjutnya setelah FIBA World Cup 2023, yaitu Indonesia Open. Sebelumnya, turnamen bulutangkis BWF Super 1000 itu digelar di Istora, Senayan, Jakarta.

Edisi Indonesia Open 2023 yang baru saja rampung digelar beberapa waktu lalu menjadi yang terakhir bermain di Istora. Mulai tahun depan bakal pindah ke Indonesia Arena.

"Kemungkinan besar menjadi Indonesia Open terakhir di Istora sebelum berikutnya pindah ke Indoor Multifunction Stadium [Indonesia Arena] sedang dalam proses finishing," kata Ketua Komisi Pengembangan Komersial PP PBSI, Armand Darmadji.

Adapun alasan pindahnya venue Indonesia Open ke Indonesia Arena adalah karena kapasitas yang lebih besar. Berikut profil singkat Indonesia Arena: