World Beach Games Batal, 'Dosa' Bali saat Piala Dunia U-20 Diungkit-ungkit Media Asing

Kamis, 6 Juli 2023 12:01 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Ammara Marthiara/INDOSPORT
Raja Sapta Oktohari, Ketua Komite Oliumpiade Indonesia, di Konferensi Pers usai batalnya penyelenggaraan ANOC World Beach Games 2023 Bali, Rabu (05/07/23). Copyright: © Ammara Marthiara/INDOSPORT
Raja Sapta Oktohari, Ketua Komite Oliumpiade Indonesia, di Konferensi Pers usai batalnya penyelenggaraan ANOC World Beach Games 2023 Bali, Rabu (05/07/23).

INDOSPORT.COM - Media asing kembali mengungkit ‘dosa’ Bali soal Piala Dunia 2022 setelah World Beach Games yang akan digelar Agustus mendatang di tempat yang sama harus dibatalkan.

Pada Rabu (5/7/23) dunia olahraga kembali dikejutkan dengan pengumuman Komite Olimpiade Nasional (ANOC) soal batalnya kompetisi World Beach Games 2023.

Pembatalan World Beach Games 2023 tersebut dilakukan sehari berselang Bali memutuskan mundur sebagai tuan rumah kompetisi olahraga di pinggir pantai tersebut.

Keputusan Bali yang sangat mendadak ini, menurut ANOC bakal menyulitkan mereka untuk mencari host pengganti. Walhasil, ANOC memutuskan World Beach Games edisi tahun ini ditiadakan.

"Dengan waktu pertandingan yang tinggal satu bulan, keputusan pemberitahuan yang terlambat membuat ANOC tak bisa mencari tuan rumah alternatif," tulis ANOC World Beach Games.

"Sehingga, tidak ada pilihan lain selain membatalkan gelaran World Beach Games di Bali pada Agustus, begitu juga dengan Rapat Umum ANOC," imbuhnya.

Hal ini pun langsung menjadi sorotan media luar negeri. Beberapa media itu menyayangkan ANOC World Beach Games edisi kedua batal menyusul kesuksesan pada edisi pertama di Doha 2019 silam.

Reuters, salah satunya, menyoroti salah satu penyebab ANOC World Beach Games Bali 2023 dibatalkan yakni karena mekanisme anggaran yang berbelit-belit.

“ANOC mengatakan KOI telah memberi tahu badan itu bahwa anggaran untuk World Beach Games tidak dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia,” tulis Reuters.

Selain itu, Reuters juga menyoroti bahwa World Beach Games bukanlah acara dunia pertama yang terpaksa dibatalkan tahun ini. Sebelumnya ada Piala Dunia U-20 2023.