Advertorial

Awas Ketipu! Ini Perbedaan iPhone 11 Pro Max Asli dan HDC

Kamis, 19 Oktober 2023 12:19 WIB
Editor: Isman Fadil
© GadgetIn (YouTube)
iPhone 11 Pro Max Copyright: © GadgetIn (YouTube)
iPhone 11 Pro Max

INDOSPORT.COM - iPhone 11 Pro Max merupakan salah satu smartphone premium yang paling populer di dunia. Dengan harga yang cukup mahal, tentu saja banyak orang yang ingin membelinya. Namun, mahalnya harga iPhone 11 series atas ini membuat beberapa orang memilih untuk membeli versi HDC.

HDC sendiri merupakan singkatan dari High Copy Device. HDC adalah duplikat handphone dari yang dibuat dengan menggunakan komponen-komponen yang mirip dengan iPhone asli.

Namun, HDC tidak dibuat oleh Apple, melainkan oleh produsen pihak ketiga. Lalu, apa perbedaan antara iPhone 11 Pro Max asli dan HDC? Berikut adalah penjelasannya secara lengkap.

Harga yang tidak masuk akal

Ciri pertama yang paling mudah dikenali dari ponsel HDC adalah harganya yang tidak masuk akal, alias jauh di bawah harga asli yang beredar secara resmi di pasaran. Contohnya, iPhone 11 Pro Max yang harusnya bisa sampai belasan juta, dijual hanya dengan harga 10 kali lipat di bawahnya.

Karena kecil kemungkinan seseorang menjual gawai yang terhitung bagus serta mahal untuk harga yang sangat murah dibandingkan dengan harga aslinya. Jika Anda menemukan hal seperti ini, ada baiknya untuk mengetahui harga pasaran ponsel yang akan dibeli baik yang baru maupun yang bekas atau second.

Kotak dan Isi

© GadgetIn (YouTube)
Kotak iPhone HDC Copyright: GadgetIn (YouTube)Kotak iPhone HDC

Anda juga bisa mengecek kotaknya, biasanya ada beberapa perbedaan yang terdapat pada kotak iPhone HDC. Salah satunya adalah pada bagian belakang yang di mana tidak ditempel stiker terkait keterangan ponsel ataupun imei.

Kalau pun ada, biasanya stiker ini cetakannya kurang bagus. Selain itu, tulisan “Apple” yang ada di ujung bawah pada kotak iPhone ‘palsu’ juga tidak terlalu rapi dan jelas. Cekungan untuk kamera pada kotak juga lebih tipis pada kotak iPhone palsu.

Ponsel HDC juga biasanya dibungkus dengan bubble wrap tipis, sedangkan pada ponsel yang asli tidak. Di dalamnya juga ada headset kabel yang diberi kotak plastik dan ujungnya adalah jack audio 3 mm, sedangkan yang asli connectornya lightning.

Tapi pada versi terbaru yang kotaknya cenderung tipis, iPhone sudah tidak memberikan headset dan kepala charger, hanya kabel lightning serta buku panduan kecil saja. iPhone HDC juga biasanya datang dengan screen protector, sedangkan yang asli tidak.

Ponsel

Sekilas penampilan iPhone HDC dan yang asli tidak ada bedanya sama sekali. Namun jika masih ragu, coba ketuk bagian belakang ponsel atau backdoor nya. iPhone yang asli akan terdengar lebih solid ketika diketuk dibandingkan dengan ponsel HDC yang terdengar agak kopong.

Ketika dinyalakan juga mungkin Anda akan sedikit tertipu karena sama-sama menampilkan logo Apple. Tapi ketika sudah ke layar utama, akan terlihat kalau bezel ponsel HDC ini jauh lebih tebal dibandingkan iPhone aslinya.

Pada aplikasi kamera juga ketika dibuka akan terlihat bedanya, di mana pada iPhone 11 Pro Max yang asli terdapat 3 mode kamera yaitu mode 0.5x atau wide angle, mode normal yaitu 1x, dan mode 2x atau mode tele.

Sedangkan pada iPhone palsu atau HDC modenya hanya ada 1x dan 2x, yang berarti kameranya hanya ada satu buah. Pada aplikasi app store nya juga tampilannya terdapat perbedaan antara yang asli dan palsu.

Pada bagian poni depannya juga jika diperhatikan baik-baik, iPhone HDC hanya punya satu bulatan yang berfungsi sebagai kamera depan. Sementara pada yang asli terdapat 4 buah bulatan yang di antaranya ada yang berfungsi sebagai sensor dan juga kamera.

Ketika tombol power yang juga berfungsi sebagai tombol Siri ditekan, yang muncul adalah laman voice control, bukan Siri. Jika hendak disambungkan dengan perangkat tambahan Apple lainnya seperti Airpods, tentu tidak akan tersambung sama sekali pada iPhone HDC.

Solusi agar Tidak Tertipu saat Beli iPhone Bekas

Di zaman sekarang banyak penjual nakal yang diam-diam menjual ponsel HDC dengan harga yang miring agar mendapatkan untung. Bahkan, tidak jarang juga ada penjual yang menjajakan iPhone HDC dengan harga yang cukup meyakinkan.

Harga memang tidak bisa menjadi patokan apakah ponsel yang kita beli asli atau palsu, terutama iPhone. Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan beli langsung ke counter atau toko hp yang menjual iPhone bekas.

Selain itu, jangan datang sendirian kecuali jika Anda sudah paham betul mengenai seluk beluk iPhone. Sebabm bukan hanya masalah asli atau palsu, tapi juga komponen luar dan dalam yang harus benar-benar diperhatikan secara teliti sebelum membeli agar tidak merugi.

Sebisa mungkin ajak teman atau keluarga yang sekiranya mengerti tentang seluk beluk iPhone agar Anda tidak tertipu. Juga pastikan tempat jual beli yang Anda kunjungi baik offline maupun online itu terpercaya.

Jika hendak membeli iPhone secara daring di forum jual beli online, jangan mudah tergiur dengan harga iPhone 11 Pro Max second yang sangat miring atau bahkan jauh di bawah pasaran. Sebisa mungkin Anda harus melihat fisik barang dan mengeceknya terlebih dahulu sebelum membeli.

Bahkan jika diiming-imingi ponsel tersebut akan segera dibeli oleh orang lain, baiknya jangan mudah terpancing dan memutuskan untuk membayar duluan. Tetap putuskan setelah barang dilihat dan diperiksa secara langsung.