In-depth

Jepang Cuma Butuh Pemain dari J1 League untuk Kalahkan Timnas Indonesia di Piala Asia

Rabu, 18 Oktober 2023 21:18 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Lisi Niesner
Skuad Timnas Jepang sebelum pertandingan laga persahabatan. (Foto: REUTERS/Lisi Niesner) Copyright: © REUTERS/Lisi Niesner
Skuad Timnas Jepang sebelum pertandingan laga persahabatan. (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia harus ekstra waspada terhadap Timnas Jepang yang akan saling berhadapan pada ajang Piala Asia 2023 di Qatar. 

Memang Piala Asia 2023 baru akan digelar tahun depan, tepatnya Januari 2024, namun tampaknya Timnas Jepang sudah memiliki persiapan yang sangat matang.  

Timnas Samurai Biru sangat serius untuk meraih gelar juara ke-5 di Piala Asia. Apalagi mereka hanya menjadi runner-up pada edisi terakhir Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab. Jepang kalah 1-3 dari Qatar, yang di atas kertas seharusnya tim asuhan Hajime Moriyasu lebih unggul secara kualitas dan pengalaman dari sang lawan. 

Oleh karena itu pasca Piala Dunia 2022, Jepang menyusun skuadnya secara matang. Pemain-pemain Negeri Sakura banyak diorbitkan ke kompetisi Eropa. Namun untuk melawan Indonesia, tampaknya Jepang tidak perlu mengeluarkan kekuatan penuh. 

Tanpa mengurangi rasa hormat, pemain-pemain bintang dari Liga Jepang (J1 League) sudah cukup untuk membungkam Timnas Garuda. Apalagi match Indonesia vs Jepang di Grup D Piala Asia 2023 menjadi laga terakhir pada 24 Januari 2024 di Al Thumama Stadium.

Kemungkinan besar Jepang sudah pasti lolos karena lawan-lawan lainnya hanya Vietnam dan Irak. Dan penilaian terhadap Timnas Jepang tidaklah overrated.

Wataru Endo dan kawan-kawan mencatat 6 kemenangan beruntun pada laga internasional terakhir mereka di 2023. Jepang mengalahkan Tunisia 2-0, Kanada 4-1, Turki 4-2, Jerman 4-1, Peru 4-1, dan El Salvador 6-0. Bahkan saat membantai Jerman, Jepang berstatus tim tamu di Volkswagen Arena, Wolfsburg.

Berkaca dari data kemenangan Jepang, artinya untuk melawan Timnas Indonesia tidaklah memerlukan kekuatan penuh. Cukup dengan pemain timnas lapis kedua yang saat ini bermain di J1 League. 

Pemain Timnas Jepang dari J1 League Hingga saat ini kompetisi sepak bola di Eropa masih menjadi kiblat utama bagi atlet dalam mengejar kariernya.

Salah satunya adalah Jepang yang banyak memiliki pemain sepak bola di benua biru. Alhasil, dengan banyaknya pemain yang merumput di kompetisi sepak bola Eropa, turut meningkatkan kualitas dari timnas sepak bola negara tersebut, dan dalam hal ini adalah Timnas Jepang.