Indonesia Ingin Jadi Tuan Rumah Olimpiade Usai Asian Games 2018

Jumat, 11 Agustus 2017 13:37 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Filipina sebagai tuan rumah SEA Games 2019 telah secara resmi mengundurkan diri menyusul keingnan mereka untuk memperbaiki Kota Marawi. Sebagaimana diketahui, Kota Marawi dalam beberapa waktu terakhir menjadi medan pertempuran militer negara tersebut dengan kelompok terorisme, ISIS.

"Sumber daya difokuskan pada rehabilitasi dan pembangunan kembali Marawi, alih-alih mendanai tuan rumah SEA Games 2019," kata Ketua Komisi Olahraga Filipina, William Ramirez, dikutip dari Straits Times.

Indonesia pun digadang-gadang bakal mengambil alih peran Filipina sebagai tuan rumah SEA Games 2019. Menpora Imam Nahrawi menyebut jika hingga saat ini belum ada tawaran yang masuk bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah ajang dua tahunan tersebut.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora, Imam Nahrawi. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMenpora Imam Nahrawi.

"Ya masa dari (tuan rumah) Asian Games ke SEA Games, naik dikitlah dari Asian Games ke Olimpiade, kita kan pernah jadi tuan rumah SEA Games," ujar Imam.

"Yang jelas sampai saat ini belum ada tawaran dan kita fokus untuk jadi tuan rumah Asian Games," tambahnya.

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Kondisi Terkini Stadion GBK. Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comKondisi terkini Stadion GBK jelang Asian Games 2018.

Indonesia saat ini memang masih disibukkan dengan persiapan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang akan digelar pada 18 Agustus hingga 2 September tahun depan. Sebagai catatan, Indonesia telah dipercaya sebanyak empat kali untuk menjadi tuan rumah SEA Games, tepatnya di Jakarta pada tahun 1979, 1987, 1997, dan terakhir pada 2011 di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan.

IDS Emoticon Suka
Suka
36%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
27%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
9%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
9%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
18%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%