Dicurangi, Cak Imam Tenangkan Tangisan Atlet Sepak Takraw

Senin, 21 Agustus 2017 01:02 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Kemenpora
Cak Imam hadir untuk menenangkan para atlet sepak takraw. Copyright: © Kemenpora
Cak Imam hadir untuk menenangkan para atlet sepak takraw.

Kejadian tidak mengenakkan tersaji dalam pertandingan sepak takraw yang mempertemukan Timnas Indonesia dengan tuan rumah, Malaysia, pada Minggu (20/08/17) malam WIB. Dalam pertandingan tersebut, Skuat Garuda mendapatkan perlakuan tidak adil.

Hal tersebut tak lepas keputusan wasit yang menganggap Indonesia banyak melakukan kesalahan dalam melakukan tekong (servis tendangan dalam sepak takraw). Di set pertama, Malaysia lebih unggul terlebih dahulu. Namun di set kedua saat Indonesia memimpin jauh perolehan skor, wasit menilai bahwa tendangan Indonesia tidak sah.

Tim pelatih Indonesia lantas mempertanyakan keputusan wasit. Namun protes pelatih Tanah Air tidak diindahkan oleh sang pengadil lapangan, yang berujung pada walk out dari laga yang berlangsung di Stadium Titiwangsa tersebut.

Dilansir dari situs resmi Kemenpora, seusai pertandingan para atlet tak kuasa menahan tangis. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi yang turut hadir menyaksikan laga pun mencoba menenangkan para atlet dan mengecam keras keputusan wasit yang dianggap kontroversial.

© Vidio.com
Timnas Sepak Takraw Indonesia melakukan protes kepada wasit Malaysia. Copyright: Vidio.comTimnas Sepak Takraw Indonesia melakukan protes kepada wasit asal Singapura.

“Di sepak takraw, ada lebih dari 5 kali servis yang seharusnya menjadi poin bagi Indonesia namun dianggap pelanggaran dan menjadi keuntungan bagi lawan,” tegasnya.

“Ini seperti ada rekayasa untuk menghalangi Indonesia. Apakah kemenangan harus diraih dengan cara seperti ini?” tambah menpora.

Cak Imam pun menenangkan para atlet sepak takraw yang menangis dengan memberikan sebuah semangat. Dirinya pun menekankan bahwa apa yang diterima oleh Timnas Sepak Takraw Indonesia memang tidak pantas, karena pada dasarnya olahraga menjunjung tinggi sebuah sportivitas.

Jelas hal ini seakan menambah panas hubungan Indonesia dengan Malaysia dalam pagelaran SEA Games 2017 kali ini. Sebelumnya, insiden bendera terbalik di buku panduan seremoni pembukaan sempat dikeluhkan oleh Cak Imam.