SEA Games 2017

Sabet Medali Emas, Begini Ungkapan Haru 'Robin Hood' Indonesia

Selasa, 22 Agustus 2017 13:45 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Indonesia kembali menambah pundi-pundi medali emasnya di pentas SEA Games 2017 yang berlangsung di Malaysia. Duet pemanah terbaik Tanah Air, Diananda Choirunisa/Riau Ega berhasil menyabet medali emas lewat nomor campuran recurve.

Tampil di National Sports Complex, Bukit Jalil, Malaysia, Selasa (22/08/17), Diananda Choirunisa/Riau Ega tampil cukup baik dan menutup keikutsertaan cabor panahan di SEA Games 2017 dengan prestasi terbaik.

Dengan tambahan emas dari nomor campuran ini, tim panahan untuk sementara menjadi penyumbang emas terbanyak pada kejuaraan dua tahunan ini dengan raihan empat medali emas yaitu dua dari individual compound dan individual recurve putri.

© Twitter@imam_nahrawi
Riau Ega Agatha dan Diananda Choirunisa. Copyright: Twitter@imam_nahrawiRiau Ega Agatha dan Diananda Choirunisa.

Pada laga terakhir SEA Games 2017 itu, pasangan Dianada Choirunisa/Riau Ega unggul atas pasangan Malaysia dengan skor 5-3. Tim tuan rumah sendiri hanya mengamankan medali perak, sedangkan untuk medali perunggu direbut oleh tim Vietnam.

Bagi Diananda, emas yang diraih di nomor campuran ini adalah yang kedua karena sebelumnya ia sudah mampu menyumbangkan emas dari nomor individual recurve. Selain itu, Diananda juga ikut menyumbangkan medali perak dari nomor tim recurve putri.

© Twitter@BadmintonTalk
Pasangan Panahan Malaysia, Indonesia, dan Vietnam. Copyright: Twitter@BadmintonTalkPasangan Panahan Malaysia, Indonesia, dan Vietnam.

Raihan emas di nomor campuran ini sesuai dengan prediksi yang dilakukan oleh jajaran pelatih meski pasangan ini baru dipasangkan menjelang SEA Games 2017. Jajaran pelatih menilai kedua atlet ini sudah menemukan kecocokan sehingga sejak awal memiliki peluang meraih medali emas.

“Keduanya sudah bisa saling mengisi. Sejak awal kita optimistis keduanya bisa memberikan hasil yang terbaik,” kata pelatih tim panahan Indonesia, Nurfitriyana Saiman seperti dilansir Antara.

© Twitter@BadmintonTalk
Pasangan Panahan Malaysia, Indonesia, dan Vietnam. Copyright: Twitter@BadmintonTalkPasangan Panahan Malaysia, Indonesia, dan Vietnam.

Usai memastikan medali emas dan membuat lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandan di Malaysia, Riau Ega sendiri langsung mengungkapkan kebahagiaannya. Lewat akun Twitter pribadinya @RiauEgaAgtha, Riau Ega tak lupa menyampaikan terima kasih.

“Alhamdulillah Tak Henti2nya Bersyukur #Gold #SEAGames2017 #Archery,” tulis Riau Ega di akun Twitter pribadinya.

“Thank Alloh, Orang Tua & Terima Kasih INDONESIA Untuk Dukungan & Doanya #SEAGames2017 #Gold #Archery.”

Sebelumnya, Riau Ega sendiri pernah tampil di pentas tertinggi Olimpiade Rio 2016 kemarin. Sayangnya, pada ajang tersebut, Riau Ega gagal mempersembahkan medali untuk Indonesia. Namun, ia sendiri pernah berjanji bakal mempersembahkan medali emas untuk Tanah Air di SEA Games kali ini dan hari ini mimpi itu pun terwujud. Selamat Riau Ega!