Tak Hanya Ilmu Agama, Santri di Gresik Juga Diberi Ilmu Olahraga

Senin, 4 September 2017 18:17 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Contoh santri yang mengikuti perkembangan sepakbola, dengan hadir di stadion sepakbola. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Contoh santri yang mengikuti perkembangan sepakbola, dengan hadir di stadion sepakbola.

Sudah menjadi rahasia umum, bila Gresik dikenal sebagai Kota Santri. Hal ini tak lepas dengan banyaknya pesantren yang berada di wilayah Gresik.

Tak hanya Kota Santri, Gresik juga dikenal dengan kota para Wali. Sebab kota yang berbatasan dengan Kota Surabaya ini tempat lahirnya para Wali, dengan salah satu contohnya ialah Sunan Giri.

Dengan identiknya Kota Santri, dan banyaknya pesantren yang tersebar di Gresik sudah barang tentu masyarakat Gresik ditanamkan ilmu keagamaan. Namun siapa sangka, meski terkenal religius, Gresik juga gila akan olahraga.

Bahkan di pesantren-pesantren yang berada di Gresik para santri tak hanya mendapat ilmu keagamaan. Namun mereka juga dibekali macam-macam olahraga.

"Gresik memang terkenal Kota Santri karena memang di sini banyak pesantren. Tapi kita juga suka akan olahraga, jadi kita juga usahakan memasukkan olahraga di pesantren," ucap Adik Mulyo selaku Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Gresik kepada INDOSPORT.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Suporter Santri ikut memeriahkan laga Madura United, dengan berpakaian lengkap khas Pondok Pesantren. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTSuporter Santri yang hadir di stadion sepakbola.

"Kita juga kerap ikut ambil bagian di setiap olahraga nasional. Seperti kemarin kita ambil bagian di liga Santri," tambah dia.

Adik pun menjabarkan, bukan tanpa alasan pemerintah Gresik memasukkan materi ajaran olahraga di setiap pesantren. Sebab, selain masyarakat yang mendalami ilmu agama, dia berharap nantinya ada atlet yang lahir dari Gresik.

"Ya memang itu terobosan baru memasukkan pelajaran olahraga di setiap pesantren. Selain bentuk kita yang gila olahraga juga  kita berharap semoga ada atlet-atlet dari Gresik," tutup dia.