Komunitas

Turnamen Futsal Sekelas Liga Profesional Sampai ke Babak Grand Final

Selasa, 17 Oktober 2017 20:46 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Galih Prasetyo
© Muhammad Adi Yaksa/Indosport.com
Turnamen Futsal Super Soccer Futsal Battle (SSFB) 2017 Copyright: © Muhammad Adi Yaksa/Indosport.com
Turnamen Futsal Super Soccer Futsal Battle (SSFB) 2017

Turnamen futsal untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Serang, Karawang dan Sukabumi bertajuk Super Soccer Futsal Battle (SSFB) 2017 akan memasuki babak grand final. Sebelumnya, fase eliminasi dan final round telah usai digelar.

Turnamen ini diikuti oleh 320 tim dari 24 regional dari masing-masing kota maupun kabupaten. Sebanyak 96 peserta berhasil lolos ke babak final round yang berlangsung di tiga kota. Yaitu, Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.

© Muhammad Adi Yaksa/Indosport.com
Turnamen Futsal Super Soccer Futsal Battle (SSFB) 2017 Copyright: Muhammad Adi Yaksa/Indosport.comTurnamen Futsal Super Soccer Futsal Battle (SSFB) 2017

Dari babak final round, terkumpul 12 tim terbaik yang melaju ke grand final. Perhelatan pamungkas tersebut bakal terselenggara di Bintaro Jaya Exchange, Tangerang Selatan, 21-22 Oktober 2017.

“Turnamen ini merupakan wadah sebagai pemain futsal. Ini kita ingin kemas profesional. Sebuah turnamen yang cukup oke untuk pemain futsal. Ajangnya para tim futsal untuk bisa unjuk gigi,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Turnamen, Joko Setyo Pamuji pada konferensi pers yang berlangsung di Brewerkz Resto & Bar, Mall Senayan City, Jakarta, Selasa (17/10/17).

Joko menilai kelas turnamen ini merupakan level nasional. Bahkan, sederajat dengan kompetisi Liga Futsal Indonesia atau yang dikenal sebagai Pro Futsal League (PFL) karena memenuhi salah satu standarisasi futsal internasional.

“Kita ingin buat even berbeda dari yang lainnya. Yang kita angkat adalah “The Real Futsal Culture. Sesuai arahan Federasi Futsal Indonesia (FFI), turnamen ini pelaksanannya setara dengan liga pro,” buka Joko.

Salah satu syarat kejuaraan level nasional yang disebutkan Joko adalah mengenai ukuran lapangan. Dia menuturkan, turnamen ini telah menggunakan lapangan sesuai standarisasi futsal internasional. Yaitu, panjang 40 meter dan lebarnya 20 meter.

Lebih lanjut, Joko menjelaskan tujuan mulia dibalik berlangsungnya turnamen ini. Dia menginginkan adanya bibit-bibit muda yang lahir supaya bisa membela Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia kelak di masa depan.

“Sebenarnya sederhana, event ini lahir untuk memenuhi dahaga pemain futsal. Komposisi pemain futsal 80% di Jakarta. Tidak menutup kemungkinan tim yang juara kita kirim ke Jepang atau Thailand. Taget memasyarakatkan futsal dan membantu Timnas. Segmen kita 18 tahun ke atas,” pungkas Joko.