Wow! Papua Bakal Punya Stadion Termegah Kedua di Indonesia, Begini Penampakannya

Sabtu, 25 November 2017 00:15 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Agus Dwi Witono
© KONI Papua
Gambaran Stadion Utama Papua Bangkit Copyright: © KONI Papua
Gambaran Stadion Utama Papua Bangkit

Masyarakat Papua tak lama lagi akan memiliki stadiun terbesar kedua setelah Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta. Stadion yang diberi nama Stadion Utama Papua Bangkit ditargetkan akan rampung pada Desember 2018 mendatang.

"Stadion ini memiliki kapasitas daya tampung penonton itu kurang lebih 40 ribu, kalau di GBK itu 80 ribu penonton," kata Project Manajer PT. PP (Persero), Dwi Aji Wicaksono dinukil dari Tabloidjubi.com.

“Pembangunan stadion ini 29,8 persen dan lebih cepat 9 persen dari rencana awal, rencananya hanya 20 persen,” lanjutnya.

Stadion Papua Bangkit berdiri di atas lahan sekitar 13 hektar dan akan menjadi stadion berstandar internasional pertama di Papua dengan total anggaran mencapai Rp 1,3 triliun.

 

JAYAPURA - Gubernur Papua Lukas Enembe menyatakan pemerintah akan membangun stadion utama untuk PON 2020 Papua di Kampung Harapan Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Bahkan peletakan batu pertama pembangunan stadion internasional itu akan dilakukan pada Senin (7/3/2016). Peletakan batu pertama menandai dimulainya penyiapan sarana dan prasarana pendukung PON yang pelaksanaannya akan tersebar di beberapa lokasi. Beberapa lokasi itu antara lain Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, hingga Biak. Persiapan dini yang dilakukan ini untuk menunjukkan kepada masyarat Indonesia bahwa Papua tidak sekadar mampu mencetak atlet nasional, tetapi juga bisa menggelar ajang pesta olahraga sebesar PON dengan baik dan sukses. "Itulah tekad kami saat ini, termasuk serius melakukan pembangunan sejumlah venue PON dengan Kampung Harapan sebagai lokasi stadion utama," kata Gubernur Lukas Enembe, Jumat (4/3/2016). Stadion utama PON 2020 di Kampung Harapan akan dibangun di atas lahan seluas 62 hektare. Pemerintah Provinsi Papua telah membayar ganti rugi lahan mencapai Rp 19,6 miliar kepada pemilik lahan. . #beritasepakbola #papua #pon2020 #stadion #stadionpapua #sepakbola #indonesia

A post shared by ONE SOCCER NEWS 🇮🇩 (@onesoccernews) on

“Kita saat ini sudah pekerjaan struktur untuk menginjak ke lantai dua. Anggaran yang dibutuhkan saat ini progres sudah itu 29,8 persen dan nilai kontrak itu Rp1,3 trilliun,” pungkasnya.

Stadion yang terletak di di Kampung Harapan Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura ini dipersiapkan untuk gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 karena Papua akan menjadi tuan rumah gelaran olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

IDS Emoticon Suka
Suka
68%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
5%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
5%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
5%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
5%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
11%