Kegilaan Suporter Hingga Aksi Viking Clap di Liga Futsal Nusantara 2017

Minggu, 10 Desember 2017 23:42 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Tak dipungkiri lagi, untuk urusan mendukung tim atau klub idola suporter Indonesia adalah salah satu yang terbaik dan kreatif. Tak hanya sepakbola, di ajang Liga Futsal Nusantara pun sejumlah besar penonton hadir langsung di venue, lengkap dengan peralatan seperti gendang, flag hingga bermacam-macam spanduk dukungan.

Hal itu pula terlihat di ajang babak delapan besar hingga final Liga Nusantara 2017 di GOR ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Dari pantauan INDOSPORT sejak Jumat (08/12/17) hingga Minggu (10/12/17) para penonton terus ada dan mendukung tim mana saja yang bertanding. Menariknya, sebagian besar penonton yang hadir adalah Bobotoh, dilihat dari spanduk maupun flag yang dibawa.

Mereka terus bernyanyi dan meneriakan yel-yel yang sangat akrab jika anda menonton pertandingan sepakbola di Liga Indonesia. Kehadiran mereka diakui membantu membangkitkan semangat para pemain bahkan membuat jadi grogi.

"Kehadiran penonton yang ada dengan terus bernyanyi ini bagus buat semangat, tapi atmosfernya juga buat pemain jadi grogi. Apalagi banyak pemain kami yang belum berpengalaman ditambah laga disiarkan langsung," ucap pelatih Dumai FC, Ahmad Syabani.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Pelatih dan pemain Dumai FC dalam jumpa pers. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTPelatih dan pemain Dumai FC dalam jumpa pers.

Selain tiket pertandingan yang digratiskan, rupanya atraksi penonton di Liga Futsal Nusantara didasari oleh adanya hadiah untuk penonton terheboh yang akan diberikan oleh panitia pertandingan. Hal itu yang menjadi motivasi utama para penonton yang rela membawa atribut lengkap ke GOR ITB Jatinangor.

"Iya ini katanya ada hadiah buat penonton jadi saya dan teman-teman datang sejak jumat. Apalagi kan kita tinggal sekitaran sini, makanya kita bawa peralatan lengkap layaknya saat mau dukung Persib," ucap Amir, salah satu penonton yang sempat berbincang dengan INDOSPORT saat jeda pertandingan.

Salah satu aksi yang cukup menyita perhatian adalah saat para penonton kompak memberikan penghargaan dengan kompak melakukan tepuk tangan bersama atau biasa dikenal dengan Viking Clap untuk Deking's Halus yang keluar sebagai juara usai mengalahkan DLS FC Banyumas dengan skor 4-3, Minggu (10/12/17).