Asian Games 2018, Filipina Hanya Kirim Atlet Peraih Emas dan Perak

Rabu, 3 Januari 2018 21:56 WIB
Penulis: Eronika Dwi Pinara | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© INDOSPORT
Maskot Asian Games 2018. Copyright: © INDOSPORT
Maskot Asian Games 2018.

Saat ini kita sudah resmi memasuki tahun di mana Asian Games 2018 akan digelar. Bukan hanya di Indonesia, seluruh negara di Asia yang ikut serta dalam ajang tersebut tentu sudah mempersiapkannya dari jauh-jauh hari, terutama para atletnya.

Filipina misalnya. Demi mengincar tempat tertinggi di Asian Games 2018, pemerintah Filipina menyaring atlet-atlet peraih mendali sebelumnya yang dapat mengikuti ajang Asian Games 2018. Hal itu ditetapkan mereka untuk memperbesar peluang kemenangan. 

"Apa gunanya mengirim atlet muda tanpa pengalaman? Kami mengirim pesaing medali yang kemungkinan besar akan menang, bukan hanya untuk partisipasi," ungkap Julian Camacho, Kepala Misi Negara Filipina untuk olimpiade tersebut, seperti yang dilansir dari The Malaysian Insight

Julian Camacho menjelaskan bahwa hanya para atlet yang telah meraih medali, baik emas ataupun merak, yang dapat memenuhi persyarat-an untuk ikut dalam ajang Asian Games 2018 mewakili Filipina.

Meski menerapkan standar tersebut, Julian Camacho tetap berharap Filipina dapat mengirim 200 atlet untuk Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada Agustus mendatang. Cabang olahraga yang diharap akan dimenangi pun ialah tinju, karate, taekwondo dan judo.