Memakan Nyawa, Sejumlah LSM Kritik Operasi Pengamanan Asian Games 2018

Selasa, 24 Juli 2018 18:22 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
LOGO ASIAN GAMES 2018. Copyright: © INDOSPORT
LOGO ASIAN GAMES 2018.

INDOSPORT.COM - Pihak kepolisian terus melakukan peningkatan keamanan jelang bergulirnya pesta olahraga terakbar se-Asia, Asian Games 2018 yang rencannya dimulai pada 18 Agustus 2018 mendatang.

Bahkan, polisi tak segan bertindak tegas terhadap pelaku kriminal guna menghindari tercorengnya event tersebut seperti yang baru-baru ini dilakukan, dimana seorang terduga pelaku kejahatan jalanan ditembak mati oleh petugas.

Namun tindakan tersebut rupanya mendapat kritik salah satunya datang dari Peneliti Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Masyarakat, Ma'aruf Bajammal. 

Menurutnya, pihak kepolisian tak seharusnya bertindak gegabah dengan melakukan penambakan yang menyebabkan kematian untuk mengurangi angka kriminal jelang Asian Games 2018.

"Kalau itu dilakukan untuk mencegah tindakan kriminal, polisi seharusnya melakukan tindakan yang efektif. Makanya kalau penegakan hukum dilakukan dengan cara yang efektif seharusnya tidak perlu dengan cara seperti ini ( tembak mati)," kata Ma'ruf seperti dikutip dari Kompas.