Komunitas Sehat

Mengenal MIFL, Liga Futsal Khusus Milanisti Indonesia di Jakarta

Senin, 13 Agustus 2018 13:35 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Dimas Ramadhan/INDOSPORT
Liga futsal Milanisti. Copyright: © Dimas Ramadhan/INDOSPORT
Liga futsal Milanisti.

INDOSPORT.COM - AC Milan merupakan salah satu klub tersukses di Eropa bahkan dunia. Catatan 18 gelar Serie A liga Italia dan tujuh gelar Liga Champions sebagai bukti dari kesuksesannya. 

Tak heran Milan memiliki banyak fans club di Indonesia, tak terkecuali Indonesia. Milanisti Indonesia selaku official kelompok suporter dari Indonesia saat ini telah memiliki 93 basis regional yang tersebar di seluruh pelosok Tanah Air.

Baru-baru ini, salah satu regional Milanisti Indonesia, yakni Milanisti Jakarta kembali mengadakan sebuah liga futsal khusus para pencinta klub berkostum Merah Hitam itu.

Milanisti Indonesia Futsal League (MIFL) Jakarta 2018 ini merupakan kompetisi atau liga futsal yang diadakan untuk kalangan member dari Milanisti Indonesia saja yang ada di sekitar Jabodetabek.

"Milanisti Indonesia Futsal League (MIFL) ini terbentuk sejak 2008 atau 11 tahun yang lalu. Ini liga internal, biasanya di Hanggar Futsal, namun tahun ini pindah ke Tifosi Sport Center," ujar Ecky, selaku wakil presiden Milanisti Indonesia.

© Dimas Ramadhan/INDOSPORT
Liga futsal Milanisti. Copyright: Dimas Ramadhan/INDOSPORTLiga futsal Milanisti.

Liga futsal ini memang telah diselenggarakan secara konsisten sejak 11 tahun lalu. Tujuan dari diselenggarakannya liga ini untuk menyatukan dan mengakrabkan seluruh pecinta I Rossoneri dimanapun berada.

Hal itupun diamini oleh salah satu member Milanisti Indonesia basis Bekasi, Yales. Dirinya mengaku telah mengikuti liga futsal ini sebanyak 4 edisi dan merasa senang.

"Ini diadakan yang ke-11, tapi buat gue pribadi ini yang keempat kalinya ikutan. Bagus sih buat kekompakan antar anggota," ujarnya.

Uniknya dari MIFL ini adalah pendaftaran dilakukan oleh tiap individu, bukan tim. Jadi, seluruh member Milanisti Indonesia bisa ikut serta baik yang memiliki kemampuan lebih dalam bermain dan yang kurang dapat bergabung.

Tiap tahunnya juga komposisi pemain dalam tim juga berbeda. Sistem pemilihan pemain setiap tim diundi berdasarkan kemampuan para pendaftar. Jadi tidak akan ada tim yang seluruhnya diisi oleh pemain berkemampuan tinggi, melainkan terbagi-bagi dan adil.

Sementara untuk nama-nama timnya diambil sesuai dengan nama lain yang berkaitan dengan AC Milan, seperti Commandos Tigre, Alternativa Rossoneri, Fossa Dei Leoni, dan masih banyak lagi.

Di tahun ini, MIFL berlangsung sejak 26 Mei 2018 lalu dan final pada Minggu (12/08/18) kemarin. Commandos Tigre berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Alternativa Rossoneri dengan skor 6-1 dan berhak mendapat gelar MIFL 2018.

Penulis: Dimas Ramadhan.