Rio Haryanto Punya Impian Mengaspal di Jakarta

Jumat, 6 Oktober 2017 15:50 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Galih Prasetyo
© Autosport
Rio Haryanto ketika menjajal mobil Formula E Copyright: © Autosport
Rio Haryanto ketika menjajal mobil Formula E

Pebalap Indonesia yang sempat menjajal kasta tertinggi dunia balap mobil, Rio Haryanto memiliki impian tersendiri di karir balapnya.

Pebalap kelahiran Surakarta tersebut dikabarkan akan segera kembali ke dunia balap jet darat dengan berkarir di Formula E.

FIA Formula E sendiri adalah ajang balap mobil tenaga listrik yang baru digagas pada 2012 lalu dan resmi menggelar kejuaraan perdananya pada 13 September 2014.

Dalam wawancara setelah uji coba perdananya, Rio mengaku tertarik dengan Formula E dan akan segera menyusun rencananya untuk kembali berkarir di dunia balap, salah satu opsinya yaitu dengan berkiprah di Formula E.

Rio sendiri sudah menguji mobil listrik Formula E di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Selasa (2/10/2017). Pebalap F1 pertama dari Indonesia itu mampu melahap seluruh sesi tes dengan mulus meski sudah satu tahun tidak mencicipi aspal sirkuit.

© Twitter@SahabatRio
Rio Haryanto saat mengikuti Bintan Triathlon 2017. Copyright: Twitter@SahabatRioRio Haryanto saat mengikuti Bintan Triathlon 2017.

Hingga saat ini Rio memang belum resmi ingin bergabung ke Formula E, namun jika nantinya dia akan berkiprah di kompetisi balap mobil listrik, Rio bermimpi jika dia bisa tampil balapan di hadapan publik sendiri.

"Salah satu impian saya adalah bisa membalap di Indonesia pada ajang bergengsi seperti Formula E. Semoga hal itu bisa terjadi. Siapa tahu saya bisa membalap di Jakarta suatu hari nanti," kata Rio dalam rilis video yang di-posting di akun Twitter resminya.

Impian Rio tersebut nampaknya bisa menjadi kenyataan jika dirinya serius menggeluti Formula E. Senada dengan wacana dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang ingin membawa Indonesia menjadi salah satu penyelenggara kejuaraan Formula E.

Sekretaris Jenderal IMI, Jeffrey JP mengatakan bila promotor Formula E menginginkan adu kebut mobil listrik itu digelar di Ibu Kota negara dengan tipe sirkuit jalan raya. Sejalan dengan itu, ide awal IMI menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah.

“Kalau F1 itu kan kita harus membangun sirkuit dulu, nah kalau Formula E itu balapan jalan raya. Mereka minta Jakarta, itu yang mesti kita pikirkan,” ucap Jeffrey dilansir dari Kompas.com, Jumat (06/10/17). 

Dalam video itu juga dia mengaku tertarik dengan balap mobil listrik “banyak sekali pebalap Formula E yang sangat kompetitif dan banyak tim pabrikan yang kini masuk ke Formula E”.

Formula E sendiri sudah mampu menarik minat banyak pebalap papan atas, termasuk jebolan F1. Sebut saja Nick Heidfeld, Jean-Eric Vergne, Nelson Piquet Jr., Sebastien Buemi, dan Lucas di Grassi. Bahkan, pabrikan besar dunia seperti Renault, Jaguar, Mahindra, Audi, Mercedes, dan BMW juga tertarik untuk berpartisipasi pada ajang ini.