Formula 1

Terungkap Alasan Direktur Teknik Ferrari Berkhianat ke Mercedes

Kamis, 12 Oktober 2017 15:58 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Joko Sedayu
© Ferrari.com
James Allison. Copyright: © Ferrari.com
James Allison.

James Allison mengungkapkan kepindahan dirinya dari Tim Ferari ke Tim Mercedes karena faktor pembalap asal Inggris, Lewis Hamilton. Allison bergabung dengan Mercedes sebagai Direktur Teknis Mercedes-AMG mulai 1 Maret 2017 lalu menggantikan Paddy Lowe.

Sebelumnya, Allison pernah bekerja sama dengan pembalap hebat lainnya seperti Michael Schumacher, Fernando Alonso, dan Sebastian Vettel. Allison sendiri berada di jalur yang tepat bersama Mercedes untuk meraih gelar ke-15 dan ke-16-nya.

© Getty Images
Lewis Hamilton juara di GP Kanada. Copyright: Getty ImagesLewis Hamilton juara di GP Kanada.

"Sangat menyenangkan bergabung dengan Mercedes tahun ini karena banyak, banyak alasan, tapi salah satunya adalah kesempatan pertama saya untuk mulai bekerja sama dengan Lewis," kata Allison seperti dikutip Skysports.

"Saya pikir saya hanya akan pernah mengatakan 'halo' kepadanya sekali dalam bertahun-tahun sebelum itu dan pengalaman bekerja dengan dia sangat berbeda dengan apa yang saya bayangkan," sambung pria 49 tahun itu.

© Dan Istitene/Getty Images
Lewis Hamilton di Spanyol. Copyright: Dan Istitene/Getty ImagesLewis Hamilton di Spanyol.

Allison juga menambahkan kalau ia telah menemukan pembalap dari jenis keunggulan yang dapat dilihat dari statistiknya dan cara ia melakukan tanggungjawab pekerjaannya. Hal itu juga membuat Allison senang bekerja di sisi Hamilton.

Allison telah terlibat dalam Formula 1 selama lebih dari tiga dekade, memulai karirnya dengan Benetton pada tahun 1990.

Lalu kariernya berlanjut ke Ferari (2000-2005), lalu pindah ke Renault (2005-2009), kemudian kembali ke Ferari lagi (2013-2016), dan sekarang menangani Mercedes (2017).

Saat ini Hamilton berada di posisi puncak klasemen dengan mengoleksi 306 poin usai tampil memukau di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu (08/10/17) dengan catatan waktu 1 jam 27 menit 31.194 detik. Unggul 59 angka dari Sebastian Vettel di posisi dua (247 poin). Disusul rekan setim Hamilton, Valterri Bottas (234 poin) di urutan tiga.