FORMULA 1 GP JEPANG

Ungguli Duo Red Bull, Hamilton Berjaya di GP Jepang

Minggu, 8 Oktober 2017 15:29 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Nindhitya Nurmalitasari
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Lewis Hamilton berhasil memimpin finis di GP Jepang. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Lewis Hamilton berhasil memimpin finis di GP Jepang.

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton keluar sebagai juara dalam GP Jepang pada Minggu (08/10/17) ini. Dua pembalap Red Bull, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo berada di posisi kedua dan ketiga.

GP Jepang ini akan mencatat kemenangan ke-61 bagi pembalap Inggris tersebut. Hamilton sebelumnya juga mengamankan pole position dalam kualifikasi kemarin. 

Sejumlah insiden menarik juga turut mewarnai laga GP Jepang kali ini. Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel kembali mengalami kerusakan mesin pada mobilnya yang memaksa ia untuk mengakhiri balapan lebih cepat. 

Insiden tersebut menjadi kesialan ketiga yang terpaksa harus dihadapi oleh Vettel setelah sebelumnya mengalami kemalangan serupa ketika menjalani laga di Singapura dan Malaysia beberapa waktu lalu. 

Pembalap Toro Rosso, Carlos Sainz juga harus mencatat hasil yang buruk di GP Jepang kali ini. Pasalnya, pembalap Spanyol ini kehilangan kendali atas mobilnya yang menyebabkan dirinya harus keluar lintasan sebelum menabrak dinding pembatas. 

Hal ini menjadi kenangan terakhir yang tak menyenangkan bagi Toro Rosso karena GP Jepang ini akan menjadi balapan terakhir bagi Sainz bersama mereka sebelum pindah ke Renault menggantikan Jolyon Palmer.

Sejumlah pembalap lainnya yang tak mencapai finis di balapan kali ini adalah Nico Hulkenberg dan Lance Stroll. Sedangkan Pierre Gasly yang menggantikan Danill Kyvat finis di posisi ke-13.

Verstappen sendiri memiliki kans besar untuk menang, namun dirinya terpaut 1,3 detik dari pemimpin balapan, Hamilton. Rekan setimnya, Ricciardo tercatat unggul 1,8 detik ketika sempat mengungguli pembalap muda asal Belanda tersebut.

Berkat hasil ini, klasemen sementara Formula 1 kini dipuncaki oleh Hamilton dengan perolehan 306 poin, meninggalkan Vettel di posisi kedua dengan 247 poin, yang diikuti oleh rekan setim Hamilton, Valteri Bottas yang berhasil mengumpulkan 234 poin.