MotoGP

Pembalap Berdarah Indonesia Akan Debut di MotoGP Sepang

Selasa, 24 Oktober 2017 05:16 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Crash
Michael van der Mark menggantikan Valentino Rossi. Copyright: © Crash
Michael van der Mark menggantikan Valentino Rossi.

Pembalap World Superbike, Michael van der Mark, akan melakoni debutnya di ajang MotoGP dalam seri Malaysia, Minggu (29/10/17) mendatang. Ia akan tampil sebagai pengganti pembalap Yamaha Tech3, Jonas Folger. Tandem Johann Zarco tersebut dilaporkan tengah sakit Mononukleosis.

Sebelumnya, Folger telah digantikan Kohta Nozane di seri Jepang dan Broc Parkes di MotoGP Australia. Selanjutnya, Yamaha pun memberikan kesempatan untuk Van der Mark.

Van der Mark sebelumnya sudah nyaris dua kali debut di kelas premier. Peluang pertama datang dua tahun silam di MotoGP Assen untuk menggantikan Karel Abraham. Namun kesempatan itu sirna. Lalu pembalap 24 tahun ini juga hampir menunggangi motor Valentino Rossi pada MotoGP Aragon kemarin. Namun karena The Doctor sudah fit kembali, peluangnya lagi-lagi sirna.

"Saya nyaris mendapat kesempatan ke MotoGP beberapa minggu lalu, tapi itu gagal. Lalu Herve (Poncharal, bos Tech3) menelepon dan meski saya punya jadwal sibuk, saya tak bisa bilang tidak untuk kesempatan ini," komentarnya sebagaimana dikutip Autosport.

© Crash
Michael van der Mark. Copyright: CrashMichael van der Mark.

"Saya amat senang dan menantikan petualangan ini. Untungnya saya sudah kenal Sepang. Namun pembalap MotoGP lainnya sudah melakukan beberapa uji coba di sana tahun ini, jadi semuanya akan membalap dengan kencang," imbuh pembalap kebangsaan Belanda ini.

Ia mengawali kariernya di lintasan di kelas 125cc pada 2008 hingga 2010 silam. Hingga kemudian berhasil naik ke kelas Moto2 pada 2011, namun saat ini van der Mark memilih untuk menjadi pembalap di ajang Superbike World Championship memperkuat Pata Yamaha Official WorldSBK Team. 

Van der Mark yang mewarisi darah Ambon dari sang nenek, kini bercokol di peringkat enam klasemen World Superbike. Ia masih punya tiga balapan tersisa di musim pertamanya bersama tim Yamaha.