Mantan Pembalap Moto 2 Ini Ingin Fokus di Supermoto

Sabtu, 28 Oktober 2017 16:32 WIB
Kontributor: Ghozi El Fitra | Editor: Agus Dwi Witono
© Indosport/Arief S
Doni Tata kini fokus ke Supermoto Copyright: © Indosport/Arief S
Doni Tata kini fokus ke Supermoto

Bagi pecinta balap motor tanah air tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama Doni Tata Pradita. Ya, pembalap asal Jogjakarta tersebut pernah menghebohkan dunia balap setelah tampil di ajang bergengsi GP 125 dan Moto2 pada tahun 2005-2008 lalu.

Kala itu Doni digadang-gadang sebagai pembalap Indonesia yang bakal tampil di ajang MotoGP. Namun rencana itu tak berjalan mulus karena berbagai alasan. Kurangnya dukungan dari berbagai pihak juga menjadi salah satu penyebab gagalnya Doni bersinar di ajang balap tersebut.

© Indosport/Arief S
Doni Tata kini fokus ke Supermoto. Copyright: Indosport/Arief SDoni Tata kini fokus ke Supermoto.

Lama tak terdengar kabarnya, kini nama Doni Tata kembali muncul di ajang balap motor baik nasional maupun internasional. Namun Doni bukan lagi mengendarai motor sport atau balapan di lintasan roadrace.

Putra dari Kiswadi itu justru tampil menggunakan motor trail di ajang balap motorcross dan supermoto. Ajang balap itu berbeda dengan yang dia tekuni sejak kecil yakni roadrace dan supersport.

Kepada INDOSPORT Doni sedikit bercerita mengenai alasan kepindahannya ke ajang balap motor trail. Menurutnya, apa yang dia lakukan saat ini bukan tanpa alasan. Berawal dari hobi mengendarai motor penggaruk tanah, ia kemudian tertarik untuk ikut balapan.

"Dulu sudah mengendarai trail, tapi untuk hobi saja. Lama-lama pingin ikutan balapan," ucapnya.

Doni mengaku mulai terjun di ajang balap trail pada tahun 2015 lalu. Sejumlah kejuaraan dia ikuti baik tingkat nasional maupun internasional. Di tahun pertamanya itu bakatnya menjadi juara kembali muncul dan dia berhasil menyabet Juara Umum MX2 Junior Plus kelas 250 cc. 

Kemudian dia juga berhasil menyabet juara 5 ajang Asia Supermoto. Doni juga meraih juara di berbagai ajang tingkat nasional seperti Trail Game Asphalt dan berbagai kejuaraan lainnya.

© Indosport/Arief S
Doni Tata kini fokus ke Supermoto. Copyright: Indosport/Arief SDoni Tata kini fokus ke Supermoto.

Dengan sejumlah gelar juara yang dia dapatkan tersebut, Doni pun ingin fokus berkarier di ajang balap trail dan Supermoto. Menurutnya ajang balap itu lebih menantang dan lebih kompetitif dibanding ajang balap supersport.

"Sekarang fokus ke supermoto, untuk supersport vakum dulu. Saya sekarang bergabung dengan Team HTJRT Pirelli RPMs Core Hotel Smart Samarinda," pungkas Doni.