Felipe Massa Umumkan Pensiun Usai 15 Tahun Tampil di Formula 1

Minggu, 5 November 2017 15:10 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT/NELSON ALMEIDA/Getty Images
Felipe Massa. Copyright: © INDOSPORT/NELSON ALMEIDA/Getty Images
Felipe Massa.

Pembalap tim Williams, Felipe Massa telah mengumumkan akan pensiun dari dunia Formula 1 (F1) untuk kedua kalinya di akhir musim 2017 ini. Sebelumnya, pria berusia 36 tahun itu pernah mengumbar keinginan untuk pensiun pada akhir tahun lalu.

Hanya saja, dirinya memutuskan kembali terlibat di dunia balapan karena mendapatkan tawaran dari timnya saat ini untuk menggantikan posisi Valterri Bottas yang pindah ke tim Mercedes.

Kini, lewat akun Instagram miliknya, @massafelipe19, Massa mengumumkan keinginannya untuk pensiun dari dunia F1 yang sudah digelutinya sejak 2002 lalu.

 

Thanks for all the support ! Love you guys 😉

A post shared by Felipe Massa (@massafelipe19) on

"Halo semuanya, seperti yang kalian tahu bahwa tahun lalu saya memutuskan untuk pensiun dari F1, namun karena adanya tawaran dari Williams, saya memutuskan untuk melanjutkan. Tapi, saat ini akan menjadi waktu terakhir saya untuk tampil di F1, Brasil dan Abu Dhabi menjadi balapan terakhir saya," ucapnya dalam video yang diunggah.

"Jadi, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga saya, teman saya, untuk semua sponsor saya, dan juga para fans. Kalian telah memberikan banyak dukungan kepada saya. Terima kasih banyak dan saya harap bisa melihat kalian di Brasil serta Abu Dhabi."

"Saya juga berharap Anda semua masih bisa memberikan saya dukungan di tahun depan atau mungkin di masa depan di balapan lain ataupun kategori lainnya," tutupnya.

© Khelnama
Felipe Massa saat menang GP Spanyol 2007. Copyright: KhelnamaFelipe Massa.

Di musim ini sendiri, Massa hanya mampu mengumpulkan 36 poin dan berada di posisi ke-11 klasemen sementara, yang mana berselisih empat poin dari rekannya, Lance Stroll di posisi 10. Dirinya akan kembali tampil di dua balapan sisa, yaitu GP Brasil dan GP Abu Dhabi, yang menjadi balapan terakhir baginya.

Selama 15 tahun mengembangkan karier sebagai seorang pembalap, Massa sudah mencatatkan 11 kemenangan, 41 kali meraih podium, dan juga 16 kali meraih pole positions. Dirinya juga pernah finis di posisi runner up, membuntuti Lewis Hamilton pada 2008 lalu.

© Sky Sports
Caption Copyright: Sky SportsFelipe Massa.
IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%