Terpuruk, Rossi Murka dengan Performa Motor Yamaha 2017

Minggu, 12 November 2017 15:22 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Abdurrahman Ranala
© motogp.com
Pembalap Yamaha, Valentino Rossi. Copyright: © motogp.com
Pembalap Yamaha, Valentino Rossi.

Pembalap MotoGP dari tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, nampaknya kecewa dengan performa motor Yamaha M1 2017. Menurut Rossi, motor tersebut menjadi penyebab dirinya gagal bersaing meraih gelar pada musim ini.

Pembalap berjuluk The Doctor mengaku motor M1 yang ditungganginya musim ini tidak sesuai harapan. Saking jeleknya, Rossi mengaku tidak pernah nyaman saat balapan.

Kegeraman Rossi memuncak seusai mengikuti kualifikasi MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Sabtu (11/11/17). Pemilik sembilan gelar juara dunia ini harus puas start dari posisi ketujuh pada balapan hari ini, Minggu (12/11/17). Rossi hanya mengukir waktu terbaik 1 menit 30,848 detik. Bahkan catatan ini tertinggal hampir satu detik dari peraih pole position, Marc Marquez.

© Getty Images
Valentino Rossi dalam sebuah konferensi pers. Copyright: Getty ImagesValentino Rossi dalam sebuah konferensi pers.

"Mungkin, saya sudah tidak terlalu frustrasi lagi dengan raihan posisi di sesi kualifikasi ini karena sejak awal sudah tahu ini bakal terjadi. Pada akhirnya, dengan motor ini saya tidak pernah merasakan kenyamanan sejak test pertama," kata Rossi dikutip dari Crash.

Keadaan ini menjadi sinyal bahaya untuk pabrikan asal Jepang. Dan Rossi berharap Yamaha segera menemukan solusi untuk motornya yang akan digunakan pada musim depan.

"Penting untuk dimengerti dengan cepat untuk mencoba membuat yang berbeda di tahun berikutnya. Kami sudah berbicara dengan pihak di Jepang. Saya harap kami bisa berbuat lebih baik," tutur Rossi.  

Saat ini Rossi berada di posisi empat klasemen sementara MotoGP 2017 dengan raihan 197 poin. Penggemar klub sepakbola Inter Milan itu tertinggal 85 poin dari pembalap Repsol Honda, Marc Marquez yang berada di posisi puncak.