MotoGP

Yamaha Siapkan Robot Untuk Tantang Valentino Rossi

Selasa, 5 Desember 2017 14:48 WIB
Penulis: Matheus Elmerio Giovanni | Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Yamaha memiliki rencana untuk mengadakan sebuah balapan antara manusia dan robot motor buatan mereka. Robot motor ini dinamakan sebagai Motobot. 

Perusahaan sepeda motor asal Jepang itu telah mengumumkan pada Selasa lalu bahwa mereka akan membawa konsep Motobot di Consumer Electronics Show 2018 di Las Vegas. Di event tersebut, akan dijelaskan lebih rinci tentang Motobot yang nantinya akan menantang pembalap dunia, Valentino Rossi.

Perusahaan berencana untuk menguji Motobot terlebih dahulu dengan kecepatan lebih dari 120 mph. Kemudian, Motobot akan menantang Valentino Rossi dalam balapan satu lap. Mesin yang ada pada Motobot nantinya akan sama dengan rider lainnya tanpa modifikasi berlebihan pada motor balap yang dipakai.

Rossi pastinya akan menjadi rival yang cukup berat untuk Motobot. Pembalap asal Italia itu sudah memenangkan 7 kejuaraan dan hampir 200 kali berhasil naik podium.

© Twitter/@MonsterEnergyIT
Valentino Rossi menjuarai Monza Rally Show 2017. Copyright: Twitter/@MonsterEnergyITValentino Rossi menjuarai Monza Rally Show 2017.

Selain Motobot, Yamaha juga akan menunjukkan beberapa konsep-konsep. Menggabungkan sepeda motor robotik yang akan menjadi MotoRoid, sepeda motor yang otomatis menyetir sendiri untuk manusia. Perusahaan mengatakan konsep ini berdasarkan biometrik dan pergerakan pengendara untuk berinteraksi. Sepeda motor ini juga mampu menurunkan kecepatan dan melaju dengan kecepatan rendah.

Belum jelas kapan Motobot akan siap menantang Rossi, tapi Yamaha meyakini pengetahuan yang terus digali akan berguna untuk menciptakan peluang bisnis yang baru. Namun, untuk memperkenalkan konsep-konsep yang ada, Yamaha sudah memastikan tanggalnya. Yaitu pada tanggal 9 Januari 2018.

1