Rossi Sebut Formula 1 Telah 'Membunuh' Secara Perlahan Pembalap Muda Ini

Sabtu, 9 Desember 2017 10:54 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Agus Dwi Witono
© Lars Baron/Getty Images
Max Verstappen memegang trofi setelah finis di urutan ketiga. Copyright: © Lars Baron/Getty Images
Max Verstappen memegang trofi setelah finis di urutan ketiga.

Pembalap pentolan MotoGP, Valentino Rossi menilai Formula 1 berbuat gila jika melihat kondisi yang dialami oleh pembalap Red Bull Max Verstappen di musim ini. Rossi menilai Formula 1 mencoba untuk 'membunuh' karier Max Verstappen secara perlahan. 

Rossi yang pada MotoGP musim ini tampil kurang begitu memuaskan karena masalah pada motor Yamaha yang ia hadapi, mengakui bahwa dirinya adalah salah satu fans dari pembalap muda Formula 1 asal Belanda tersebut . 

© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Yamaha, Valentino Rossi dalam konferensi pers. Copyright: Mirco Lazzari gp/Getty ImagesPembalap Yamaha, Valentino Rossi dalam konferensi pers.

"Verstappen adalah seorang bintang baru di Formula 1," ungkap Rossi dilansir Sportmole. "Dia melakukannya dengan sangat baik namun mereka (F1) mencoba mempersulit dirinya, yang mana itu gila. Jika ingin saya katakan bagaimana F1 seharusnya, saya ingin 12 orang seperti Verstappen ada di grid."

Verstappen sendiri memang sempat terlibat masalah kala jalani laga musim ini. Dari soal perseteruannya dengan tim race steward hingga batal masuk podium usai diputuskan terkena penalti saat jalani balapan di GP Amerika Serikat. Sejumlah kerugian tersebut menjadi salah satu faktor Verstappen cukup bermasalah di musim ini.

Pembalap Italia itu memang benar-benar mengagumi sosok Verstappen. Bagi Rossi, Verstappen begitu luar biasa di usianya masih sangat muda. Ada banyak improvisasi dalam gaya balapannya yang begitu berani ia eksplorasi dan lakukan ketika menjalani laga di lintasan.

"Max adalah pembalap yang luar biasa. Dia muda, dia senang melakukan overtakes, kualitasnya begitu disukai oleh masyarakat pencinta balap," kata pembalap yang sempat mengalami kecelakaan dan memaksanya absen untuk berlaga di salah satu seri MotoGP. 

Di dunia balap MotoGP, Rossi sendiri menyadari ada sosok yang memiliki kemiripan dengan Verstappen. Ia adalah salah satu rival balapnya di tim satelit Yamaha, Johann Zarco. Musim ini Zarco keluar sebagai Rookie of the Year berkat tampilan gemilang sepanjang musim 2017. 

"Verstappen itu seperti Johann Zarco," aku Rossi saat menyandingkan pembalap Belanda itu dengan rivalnya di MotoGP. Zarco sendiri memang meraih sejumlah podium dalam beberapa seri balap MotoGP musim ini. Diprediksi dia akan mampu menjadi pesaing terberat para pembalap senior pada balapan MotoGP musim depan.