MotoGP

Efek Catalan Merdeka, Marc Marquez Galau dengan Statusnya

Jumat, 15 Desember 2017 12:09 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Galih Prasetyo
© Getty Images
Juara dunia MotoGP 2017, Marc Marquez. Copyright: © Getty Images
Juara dunia MotoGP 2017, Marc Marquez.

Juara Dunia MotoGP 2017, Marc Marquez secara mengejutkan akhirnya angkat bicara soal pilihan status warga negara yang akan dipilihnya. Hal tersebut berangkat dari konflik yang terjadi antara Catalunya dan Spanyol.

Catalunya sendiri memang dilkabarkan masih bergolak hingga kini, karena seringkali mendeklaraskan niatan mereka untuk memisahkan diri dari Spanyol. Tentunya niatan tersebut memiliki dampak tersendiri bagi sejumlah atlet negara Matador itu, termasuk Marquez. 

 

Sois los mejores!!! 😄🙌🏼 You are the best!!! @fanclubmm93

A post shared by Marc Márquez (@marcmarquez93) on

Rupanya, pembalap kelahiran Cervera, Lleida yang masih satu daerah dengan Catalunya itu, memiliki pandangannya sendiri soal konflik tersebut. Terlebih lagi, konflik itu sendiri menyangkut masa depan status kewarganegaraanya.

"Saya tidak memiliki keraguan, masyarakat di sini juga, saya adalah perpaduan Catalan dan Spanyol," ungkapnya dilansir Marca. "Saya seorang Catalan karena saya cinta tanah kelahiran ini dan hidup di Cervera. Dan saya tetap Spanyol juga, tak akan ada hal lain yang terjadi."

 

8th edition of the Fanclub dinner!!! 🔝😉 @fanclubmm93 #IAM93

A post shared by Marc Márquez (@marcmarquez93) on

Secara garis besar, pernyataan Marquez tersebut mengungkapkan kegigihannya untuk tak memilih ke pihak mana ia akan berlabuh, karena dirinya tetap menjadi bagian dari Catalunya dan Spanyol. Meskipun di sisi  lain, hampir semua penduduk Catalunya ingin lepas dari negara tersebut.

Marquez bukan satu-satunya atlet yang angkat bicara soal masalah tersebut, namun tercatat sejumlah pesepakbola ternama asal negara itu memiliki perhatian khusus soal konflik pemisahan diri Catalunya itu. Bahkan di antara mereka banyak yang mendukung terealisasinya wacana tersebut.