Formula 1

Bisa Jadi Inspirasi 'Modif', Ini Deretan Mobil F1 Aneh dan Lucu

Rabu, 27 Desember 2017 20:12 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
 Copyright:

Mobil F1 memang didesain khusus untuk dapat melaju secepat mungkin. Tak heran jika olahraga ini mendapat julukan Jet Darat, karena kecepatannya yang mampu mencapai angka 300 km/jam. Perlu diketahui bahwa mobil F1 memiiliki sekitar 80.000 komponen, termasuk mesin  yang harganya ditaksir mencapai Rp. 102 Miliar dan konon hanya dipakai sekali balapan.

Putaran mesin F1 mampu mencapai angka 18.000 rpm (revolutions per minute), artinya piston mesin melakukan gerak naik-turun sebanyak 300 kali dalam satu detik. Gila, angka itu empat kali lebih banyak dari mobil biasa pada umumnya, yang hanya maksimal hanya mampu mencapai  6.000 rpm. Kecepatan yang dihasilkan dari mesin seperti itu, bisa saja melayang seperti pesawat terbang. Oleh karena itu, Mobil F1 dibekali sayap khusus yang berfungsi untuk menahan mobil agar tetap menempel di atas aspal.  Jadi, sayap mobil F1 itu bukan buat gaya-gayaan yah!

© Pinterest
1968 Brabham BT26. Copyright: Pinterest1968 Brabham BT26.

Setiap komponen dalam mobil F1 memiliki fungsi khusus, yang diperuntukkan untuk mencapai tingkat kecepatan tertinggi. Tak ayal, setiap tahun para insinyur memutar otak untuk mendapatkan desain mobil F1 yang bisa melaju secepat kilat, meski modelnya aneh, kalau tidak disebut jelek.

Puncak keanehan desain F1 terjadi pada era 1970-an, ketika regulasi F1 tak seketat saat ini. Tim peserta balap diberikan ruang tambahan bagi para desainer untuk merancang sebebas-bebasnya. Tak heran di tahun-tahun ini banyak sekali desain mobil yang terlihat aneh. 

Nah terkait soal itu, INDOSPORT mencoba merangkum beberapa bentuk mobil F1 yang unik dan sepintas terlihat lucu di ajang balap mobil paling bergengsi ini.