Formula 1

Pamor Formula 1 Mulai Turun, Alonso Angkat Suara

Rabu, 17 Oktober 2018 19:45 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sebagai pembalap Formula 1 yang pernah berjaya di masanya, Fernando Alonso merasa prihatin dengan turunnya pamor F1 di mata penonton.

Menurut pengamatannya, para penonton saat ini sudah kurang tertarik karena banyak elemen yang membuat F1 menjadi tontonan favorit di masa lalu sudah tidak ada lagi di kompetisi yang sekarang.

“Anda harus membuat olahraga ini menarik lagi. Saya mengunggah sebuah video tahun 2005 dan mendapat 3.000 komentar yang menyebut bahwa ‘ini adalah F1 yang saya sukai, bukan F1 yang kalian miliki sekarang’ kata Alonso, seperti dikutip dari Planet F1.

“Jadi saya bukan orang yang mengkritik mereka melainkan orang-orang di seluruh dunia,” terangnya.

© INDOSPORT
Fernando Alonso, pembalap F1. Copyright: INDOSPORTFernando Alonso, pembalap F1.

Alonso pun mencontohkan bagaimana mobil yang start di enam posisi paling belakang kemudian bisa finish di enam besar usai balapan. Begitu pula keseruan saat mengganti ban dan mengisi bahan bakar. Keseruan itulah yang dianggap Alonso telah hilang di F1 edisi masa kini.

“Kami merindukan suara mesin V10, V8, kreativitas dalam menyusun strategi, pengisian bahan bakar, kompetisi ban. Semua itu akan membuat Anda pergi menonton dengan perasaan tidak menentu karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi,” kata Alonso yang pernah meraih gelar juara dunia termuda tersebut.

Untuk itulah ia berharap penyelenggara dapat memperbaiki atau paling tidak membawa kembali keseruan-keseruan balapan F1 di masa lampau. Jika tidak, tentu bukan tidak mungkin F1 akan kehilangan lebih banyak penonton di masa depan. Ia pun memastikan bahwa turunnya pamor F1 bukan alasan di balik keputusannya pensiun.

“Bukan karena saya sudah tidak mencintai F1 lagi. Saya harus berhenti karena telah berusia 37 tahun dan telah meraih semua mimpi saya di F1,” pungkasnya.

Ikuti Terus Berita Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM