Formula 1

Vietnam Resmi Jadi Tuan Rumah Formula 1 2020

Jumat, 2 November 2018 15:30 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COMVietnam akan menjadi tuan rumah perlombaan Formula 1 pada bulan April 2020 yang akan diselenggarakan di Hanoi, dan akan diresmikan pada pekan depan.

Penunjukan Vietnam sebagai tuan rumah balapan dunia tersebut menjadikannya sebagai negara Asia Tenggara ketiga setelah Malaysia dan Singapura, seperti yang dikabarkan oleh Newstrait Times.

"Kota Hanoi berhasil membuat kerjasama untuk menjadi tuan rumah resmi dari perlombaan FIA Formula 1 World Championship (dari) April 2020," tulis surat pernyataan tersebut.

Pihak berwenang mengatakan awal tahun ini mereka mendukung gagasan menyelenggarakan perlombaan. Mai Tien Dung, kepala kantor pemerintah Vietnam, bahwa ia berharap biayanya bisa ditutupi oleh pendapatan sponsor besar.

Direktur balapan F1, Charlie Whiting juga mengatakan kepada awak media bahwa ia telah mengunjungi situs di Hanoi serta akan membangun beberapa fasilitas penunjang dan yakin sirkuit akan siap pada waktunya untuk musim 2020.

© INDOSPORT
Max Verstappen menjadi juara di GP Austria. Copyright: INDOSPORTMax Verstappen menjadi juara di GP Austria.

Kejuaraan ini dapat menjadi usaha yang mahal dan dipandang berisiko secara finansial untuk kota tuan rumah seperti Hanoi di mana olahraga tersebut tak cukup populer dibandingkan dengan sepak bola yang sangat digemari.

Panitia juga berharap bahwa kelas menengah yang menjamur di Asia Tenggara, akan merangkul olahraga balap yang telah dimulai di negara-negara kaya. F1 diambil alih oleh perusahaan AS Liberty Media tahun lalu sebesar Rp120 triliun, dan mereka tertarik untuk menjelajahi daerah baru.

Jika sukses dalam hal pemasaran, olahraga ini sangat menguntungkan dan meraup miliaran dari sponsor dan hak siar. Sayangnya semuanya belum optimal dan memiliki aktivitas terbatas dalam platform media sosial dan digital yang sangat penting untuk menargetkan penggemar. 

Ikuti Terus Berita Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM