Wow! Kakek Berusia 65 Tahun Ini Akan Ikuti Turnamen Balap Reli Dakar di Peru

Rabu, 26 Desember 2018 21:43 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Irfan Fikri
© CGTN
Liang Yuxiang, pembalap Reli Dakar berusia 65 tahun Copyright: © CGTN
Liang Yuxiang, pembalap Reli Dakar berusia 65 tahun

INDOSPORT.COM – Seorang kakek yang berusia 65 tahun, Liang Yuxiang dari Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, China, akan berangkat ke Peru pada 31 Desember untuk menghadiri turnamen Reli Dakar 2019.

Ia akan menjadi satu-satunya pembalap asal Tiongkok yang berusia di atas 50 tahun yang berpartisipasi dalam kejuaraan mobil tersebut, karena tingginya biaya dan pembalap di negeri asalnya menganggap olahraga balap hanya diperuntukan bagi kawula muda.

Namun, Liang tak peduli, pasalnya hubungan ‘cintanya’ dengan mobil dimulai pada 2006, ketika Liang berkendara dengan istri dan teman-temannya dari Chengdu ke Roma. Dua tahun kemudian, ia menyewa mobil dan melintasi Amerika Serikat.

Setelah itu, hasrat Liang beralih ke dunia reli yang lebih menantang. Pada 2008, Liang Yuxiang dan putranya menghadiri beberapa pertemuan komunitas dan turnamen Reli.

Pada 2012, Liang mendorong putranya untuk menghadiri Reli Dakar dan menemani anaknya selama turnamen. Saat itulah Liang memutuskan untuk bersaing dan mengemudikan mobilnya sendiri.

"Reli Dakar adalah tantangan tersendiri bagi saya. Saya yakin banyak pembalap tua lainnya. Mereka bahkan lebih tua dari saya tetapi mereka masih berani untuk bersaing. Saya justru ingin belajar dari mereka," kata Liang kepada media asal China, CGTN.

Reli Dakar 2019 di Peru bakal menantang adrenalin, di mana para pengemudi akan melintasi Duna Grande, bukit pasir tertinggi kedua di dunia. Meski masih menjadi pemula, namun Liang tak merasa khawatir.

"Saya akan mencoba jadi yang terbaik dengan menyelesaikan balapan ini. Orang lain berambisi untuk jadi yang tercepat, tapi bagi saya dengan usia ini mungkin prosesnya yang lebih penting ketimbang hasil,” tutupnya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM