Formula 1

Seperti Senna dan Schumacher, Hamilton Panutan Pembalap F1

Senin, 31 Desember 2018 15:18 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images
Lewis Hamilton juara di GP Abu Dhabi Copyright: © Getty Images
Lewis Hamilton juara di GP Abu Dhabi

INDOSPORT.COM – Lewis Hamilton menyamai level legenda Formula 1 Michael Schumacher dan Ayrton Senna, sehingga membuatnya menjadi salah satu panutan di dunia balap mobil paling bergengsi di dunia, demikian menurut Ross Brawn.

Pembalap Mercedes ini meraih gelar dunia kelima pada 2018 setelah mencatatkan 11 kemenangan dari 21 balapan F1 di tengah adanya peningkatan persaingan dari tim rival seperti Ferrari dan Red Bull.

Direktur Manajer F1 Brawn menyoroti sepak terjang Hamilton yang sangat luar biasa di Singapura. Kubu Mercedes diprediksi menjadi unggulan ketiga. Namun, Hamilton berhasil memuncaki klualifikasi dan menang.

“Kadang-kadang Anda mendapatkan pembalap yang kinerjanya di luar harapan,” kara Brawn kepada Autosport.com. “Ada beberapa kesempatan, terutama di kualifikasi GP F1 Singapura, ketika Lewis melakukannya.”

“Hamilton membuat semua orang susah bernapas. Itulah hal-hal yang Anda saksikan, dan Anda tidak tahu dari mana penampilan itu berasal,” lanjut Brawn.

“Semua orang mengganggap salah satu panutan di F1 ialah Michael Schumacher. Anda juga suka menyebut dengan pembalap (Ayrton) Senna sebagai panutan lain. Saya pikir kita dapat juga melihat hal itu di beberapa kesempatan pada diri Lewis tahun ini.”

“"Performa mereka berada di level mencengangkan. Selalu terasa istimewa bila Anda melihat seorang pembalap tampil begitu bagus,” ujar Brawn.

Hamilton bersaing dengan empat pembalap lainnya yang juga memenangkan gelar pada 2018. Sebastian Vettel, salah satunya, merupakan penantang utama dari Ferrari namun membuat banyak kesalahan dan akhirnya menjadi runner up.

Sementara itu Max Verstappen dari Red Bull dipuji atas usahaya di paruh kedua musim ini, ketika ia kemudian menjadi rival terdekat Hamilton. Namun, secara keseluruhan, Brawn mengakui Hamilton menjadi pembalap yang paling menghibur kali ini.

“Kami memiliki musim yang sangat menyenangkan. Ada pertempuran hebat di trek,” Brawn melanjutkan.

“Performa luar biasa dari Lewis, yakni konsistensi yang ditunjukkannya sepanjang tahun. Dia tidak melakukan kesalahan, relatif sabar, meskipun ia tidak memiliki mobil terbaik.”

Ikuti Terus Berita Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM