Formula 1

Alonso Bongkar Pengorbanan Pembalap yang Berkarier di Formula 1

Jumat, 18 Januari 2019 09:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© AutoSport
Fernando Alonso, pembalap F1 sedang duduk santai di pinggir Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi. Copyright: © AutoSport
Fernando Alonso, pembalap F1 sedang duduk santai di pinggir Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi.

INDOSPORT.COM – Fernando Alonso mengungkapkan bahwa ada berbagai pengorbanan yang harus dilakukan setiap pembalap apabila ingin memetik kesuksesan kariernya di ajang balapan Formula 1.

Juara dunia dua kali F1, Alonso, memutuskan keluar diri dari balapan F1, setelah belum memenangkan gelar lagi sejak 2006 silam.

Ia kemudian beralih ke kejuaraan World Endurance FIA 2018/10 bersama Toyota, serta mencoba kedua kalinya memenangkan Indianapolis 500 bersama McLaren Racing.

Ditanya mengenai hal-hal yang telah ia korbankan selama menjadi pembalap F1, Alonso mengungkapkan bahwa ia tidak memiliki waktu luang yang bisa dihabiskan bersama keluarga dan teman-teman.

“Ada efek negatif dari Formula 1, terutama jika Anda berusia 18 tahun di sini. Anda mendedikasikan seluruh hidup Anda untuk Formula 1,” kata Alonso dilansir Crash.

“Anda tidak punya teman, tidak ada (waktu) keluarga, tidak ada waktu luang, tidak ada privasi, tidak punya istri, tidak punya anak, tidak apa-apa. Ini hanyalah pengabdian penuh jika Anda ingin sukses. Jadi, saya pikir saya punya prioritas lain sekarang,” jelasnya.

“Balapan dalam seri lain, Anda menyadari bahwa Formula 1 adalah langkah yang lebih tinggi dan Anda harus mencari kesempurnaan dalam segala hal. Ini mungkin kenangan terbaik yang akan saya dapatkan dari sini (F1).”

Meski begitu, Alonso tidak bisa melupakan kehebatan mobil-mobil F1 yang selalu menjadi hal istimewa ketika ia mengendarainya di lintasan.

“Tidak masalah jika Anda (finis) keempat belas, kelima atau berjuang untuk kemenangan. Tentunya jika Anda bisa naik podium dan menang, pasti bonusnya perayaan dan kebahagiaan."

“Banyaknya teknologi di balik mobil-mobil ini akan sulit untuk ditiru di seri lain.”

Ikuti Terus Berita Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%