Hasil Reli Dakar 2019: Bawa Toyota Juara, Pembalap Qatar Torehkan Rekor

Jumat, 18 Januari 2019 09:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Instagram/Nasser Al-Attiyah
Nasser Al-Attiyah jadi juara Reli Dakar 2019. Copyright: © Instagram/Nasser Al-Attiyah
Nasser Al-Attiyah jadi juara Reli Dakar 2019.

INDOSPORT.COM – Nasser Al-Attiyah untuk pertama kalinya berhasil membawa Toyota juara di ajang balapan Reli Dakar 2019 yang berakhir pada Kamis (17/01/19). Kemenangan ini juga menciptakan rekor baru bagi pembalap asal Qatar tersebut.

Pada sesi terakhir di Peru tersebut, Al-Attiyah ditemani Matthieu Baumer dari tim Toyota menyelesaikan lintasan antara Pisco dan Lima dengan catatan waktu 46 menit 42 detik. Ia mengungguli rival terdekat Nani Roma yang finis di tempat kedua.

Dilansir dari laman Autosport.com, kemenangan ini menjadikan Al-Attiyah sebagai pereli pertama yang menjuarai balapan Reli Dakar dengan tiga tim berbeda.

Sebelumnya, ia pernah memenangkan balapan bersama tim Volkswagen pada tahun 2011. Empat tahun kemudian, tepatnya pada 2015, ia juga memenangkan balapan yang sama bersama tim Mini.

Kemudian menjelang musim balapan 2017, pembalap berusia 48 tahun itu berpindah haluan dengan mengendarai Toyota Hilux.

Tahun lalu, pembalap berusia 48 tahun itu hanya mampu finis kedua di belakang pembalap Peuget Carloz Sainnz Sr. Sedangkan awal tahun ini, ia berhasil memberikan hadiah manis untuk pabrikan asal Jepang sebagai juara.

Selain Al-Attiyah, pembalap Nicolas Cavigliasso mendominasi nomor balapan Quads sejak hari pertama ajang ini berlangsung. Pembalap asal Argentina menjuarai semua 10 babak, termasuk dalam balapan final 112 km, di mana ia unggul 5 menit 22 detik  atas Alexandre Giroud.

Di nomor motor, Toby Price asal Australia menjadi juara di sesi balapan terakhir. Pembalap dari tim KTM ini mencatatkan waktu 01:14:01 di tengah cedera yang sedang menghantamnya.

Sementara di nomer UTV, pembalap Reinaldo Varela dan patnernya Gustavo Gugelmin dari tim Can–Am menjadi juara dengan catatan waktu 01:25:09. Kemudian nomor balapan truk dimenangkan oleh Ton van Genugten serta dua patnernya Bernard der Kinderen dan  Peter Willemsen dari Iveco.

Ikuti Terus Berita Reli Dakar dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%