MotoGP

FIM Rilis Daftar Pembalap MotoGP 2019, Indonesia Sumbang Pembalap di Moto2

Rabu, 30 Januari 2019 15:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Marca
Dua kakak beradik yang berkecimpung di dunia balap motor MotoGP dan Moto3 Copyright: © Marca
Dua kakak beradik yang berkecimpung di dunia balap motor MotoGP dan Moto3

INDOSPORT.com – Menjelang dimulainya musim balapan MotoGP 2019, Federasi Motor Internasional (FIM) merilis nama pembalap yang akan beraksi selama satu musim ke depan. Indonesia mengandalkan Dimas Ekky Pratama di kelas balapan Moto2.

Ajang balapan MotoGP ini akan diawali dengan sesi tes pra musim yang akan digelar selama bulan Februari di Sepang (1-3 Februari) dan dilanjutkan tes kedua pada 6 sampai 8 Februari.

Sementara tes ketiga dilangsungkan di Qatar pada 23 hingga 25 Februari, dan balapan resmi akan dimulai 10 Maret mendatang di sirkuit yang sama.

Ada banyak hal baru yang akan didapati di musim 2019, seperti untuk pertama kalinya Moto2 menerapkan format kualifikasi MotoGP, yakni kualifikasi 2 sesi.

Sebelum tes pra musim berlangsung, FIM sudah merilis secara resmi daftar pembalap dari tiga kelas balapan, yakni Moto2, Moto3 dan kasta tertinggi MotoGP.  Ada banyak pembalap baru yang ikut dalam ajang balapan di kelas Moto2 dan Moto3.

Kelas Moto2 memiliki 32 pembalap yang ikut berpartisipasi dengan beberapa di antaranya masih newbie. Salah satu pembalap baru ini adalah Dimas Ekky Pratama yang mewakili Indonesia.

© Shintya Maharani/INDOSPORT
Dimas Ekky jadi satu-satunya pembalap Indonesia di Moto 2 musim depan. Copyright: Shintya Maharani/INDOSPORTDimas Ekky jadi satu-satunya pembalap Indonesia di Moto 2 musim depan.

Dimas dipilih sebagai pembalap Idemitsu Honda Team Asia di ajang “MotoGP Junior” mewakili bakat-bakat terbaik dari Asia.

Dimas sendiri pernah menjuarai Suzuka 4 Hours Endurance Race dan Asia Road Race Championship seri Sentul 2017, juara seri CEV Moto2 European Championship, dan podium 3 seri Catalunya (Spanyol) 2017.

© FIM
Nama-nama pembalap Moto2 yang dirilis FIM untuk musim 2019 Copyright: FIMNama-nama pembalap Moto2 yang dirilis FIM untuk musim 2019

Dimas akan bersaing dengan adik pembalap MotoGP Marc Marquez, Alex Marquez, yang sudah malang melintang di kancah balapan ini.

Selain itu juga ada Brad Binder, Lorenzo Baldassarri dan Luca Marini, serta juara jebolan Moto3 Jorge Martin dan saingan gelar Marco Bezzecchi.

Selanjutnya di kelas Moto3, FIM merilis 29 pembalap, di antaranya Lorenzo Dalla Porta, Aron Canet dari tim Max Biaggi, dan Romano Fenati yang akan comeback di ajang grand prix.

© FIM
Nama-nama pembalap Moto3 yang dirilis FIM untuk musim 2019 Copyright: FIMNama-nama pembalap Moto3 yang dirilis FIM untuk musim 2019

Sementara itu tak jauh berbeda dengan musim lalu, FIM merilis sejumlah pembalap kelas dunia yang akan berlaga di kelas MotoGP.

Mereka di antaranya, jawara dunia Marc Marquez, Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, Jorge Lorenzo dan sebagainya.

© FIM
Nama-nama pembalap MotoGP yang dirilis FIM untuk musim 2019 Copyright: FIMNama-nama pembalap MotoGP yang dirilis FIM untuk musim 2019

Menariknya, dua anak didik Valentino Rossi juga akan menjalani debutnya di MotoGP yakni Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, bersama-sama akan berada dalam tim yang sama, yakni Petronas Yamaha.

Ikuti Terus Berita MotoGP dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM