Formula 1

Jamie Chadwick, Pembalap Wanita yang Ingin Mendobrak Stigma

Kamis, 31 Januari 2019 13:02 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© The Times
Pembalap Formula 3 yang percaya perempuan bisa menjuarai turnamen balap. Copyright: © The Times
Pembalap Formula 3 yang percaya perempuan bisa menjuarai turnamen balap.

INDOSPORT.COM – Jamie Chadwick, merupakan pembalap wanita yang percaya bahwa sosok perempuan bisa mendobrak stigma dan menjadi juara di turnamen Formula 1.

Bintang Formula 3 ini berani tampil sebagai pembalap wanita di cabang olahraga yang didominasi oleh pria, dan Jamie berharap kesuksesannya dapat menginspirasi generasi berikutnya.

Tahun lalu, Jamie membuat sejarah ketika ia menjadi wanita pertama yang memenangkan turnamen Formula 3 di Inggris. Ia percaya, bahwa wanita dapat mencapai puncak kesuksesannya di dunia balap mobil.

"Pasti akan ada seorang wanita menang dalam turnamen F1. Dalam lima atau sepuluh tahun ke depan perempuan akan lebih maju,” kata Jamie kepada laman berita olahraga Sun Sport.

"Ini adalah satu-satunya olahraga yang dapat diikuti oleh pria dan wanita secara setara dan ketika kita mulai melihat lebih banyak wanita di level atas itu, maka akan mendorong lebih banyak perempuan untuk terjun dalam olahraga ini.”

Jamie juga mengakui bahwa dunia balapan adalah olahraga yang cukup berat, membutuhkan keterampilan maupun kuat secara fisik yang mana jika tidak memiliki keahlian yang khusus akan berakibat kecelakaan fatal.

“Ini olahraga yang cukup berat, sehingga komunikasi adalah salah satu keterampilan yang paling penting. Secara fisik saya harus banyak menghabiskan banyak waktu di gym, kemudi mobil balap berbeda dan berat, saya bisa kehilangan 1,8 kg keringat selama balapan,” tukasnya.

Memang sudah tak ada batasan dalam gender di dunia olahraga, kaum perempuan pun kini bisa menjajal berbagai kegiatan tanpa perlu memikirkan stigma.

Ikuti Terus Update Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%