Formula 1

Terungkap, Alasan Sebenarnya Fernando Alonso Tinggalkan Formula 1

Kamis, 31 Januari 2019 15:21 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Fernando Alonso, pembalap F1. Copyright: © Getty Images
Fernando Alonso, pembalap F1.

INDOSPORT.COM – Fernando Alonso akhirnya mengungkapkan alasan sebenarnya ia hengkang dari dunia balapan Formula 1. Pembalap asal Spanyol ini mencari gebrakan yang belum terjadi sebelumnya.

Juara dunia dua kali F1, Alonso, memutuskan keluar diri dari balapan F1, setelah belum memenangkan gelar lagi sejak 2006 silam.

Ia kemudian beralih ke turnamen Daytona 24 Hours keduanya bersama Toyota, serta mencoba kembali untuk memenangkan Indianapolis 500 kedua bersama McLaren Racing. Jika menang, Alonso akan menjadi pembalap F1 pertama yang menjuarai tiga turnamen berbeda sepanjang kariernya. 

Pembalap berusia 37 tahun itu mengatakan kepada New York Times apa yang mendorongnya menjajal dua balapan itu sekaligus sejak berpisah dengan Ferrari tahun lalu.

“Tujuannya untuk melakukan sesutau yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam olahraga motor,” kata Alonso dilansir laman Grandpx.com.

“Saat ini fokus saya sepenuhnya pada Indy500. Tetapi saya berpikir untuk mencoba melakukan sesuatu yang lebih, mungkin dalam disiplin ilmu yang berbeda,” tambahnya.

Lebih lanjut, Alonso juga menyadari bahwa memenangkan kejuaraan seri Indycar sangat sulit, dan berbeda dengan dunia balapan F1. Namun, ia berjanji akan terus berdedikasi untuk mencari kemenangan itu.

“Saya pikir di masa lalu agak lebih terbuka, motorsport pada umumnya,” jelas Alonso.

“Tetapi sekarang setiap seri menjadi sangat profesional, dan Anda perlu mengambil dedikasi penuh setiap serinya, setiap gaya mengemudi dan hal-hal semacam itu."

Ikuti Terus Berita Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM