MotoGP

3 Fakta Rookie MotoGP 2019: Miguel Oliveira

Jumat, 1 Februari 2019 21:28 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Miguel Oliveira Pembalap MotoGP. Copyright: © Getty Images
Miguel Oliveira Pembalap MotoGP.

INDOSPORT.COM - Pagelaran MotoGP akan segera berlangsung tahun ini. Banyak cerita menarik di balik ajang kejuaraan balap motor internasional tersebut. Seperti berbagai fakta tentang rookie-rookie yang akan bermunculan di tahun ini.

Salah satu rookie tersebut ialah Miguel Oliveira, pembalap asal Portugal berusia 24 tahun. Banyak fakta menarik mengenai penunggang kuda besi tampan ini yang perlu kita telisik.

INDOSPORT telah mengulas beberapa informasi penting dan menarik terkait Miguel Oliveira yang akan mengaspal di MotoGP 2019.

Awal Karier

Miguel lahir di Almada, Portugal pada 4 Januari 1995 silam. Sedari kecil ia memang sangat mencintai dunia balap motor. Miguel memulai kiprahnya di karirnya sebagai pembalap saat ia masih berusia 9 tahun, dan ia sangat didukung oleh sang ayah.

Keahliannya mulai merangkak naik dan mampu diperhitungkan sejak ia turun diajang Red Bull Rookies Cup pada tahun 2008. Hasilnya ia mendapat kesempatan untuk mengikuti kejuaraan Spanyol, CEV 125cc di tahun 2009 dan langsung menyabet peringkat ketiga.

Di tahun berikutnya Miguel kembali mendapat gelar, namun ia hanya berada di kedudukan runner-up. Performanya yang cukup baik di CEV mengantarkan ia untuk turun di laga Grand Prix, dan menjadi pembalap Portugal pertama yang turun secara penuh di kejuaraan tersebut.

Miguel beraksi di GP125 pada 2011 dan berhasil meraih podium perdananya. Di tahun 2013 Miguel masuk kedalam tim asal India, Mahindra. Masuknya Miguel menjadi batu loncatan bagi tim ini, karena mereka masih dalam proses pengembangan. Dengan tim in, dalam 2 musim Miguel hanya mampu mendapat 2 podium saja. 

Berkat kegigihannya ia berhasil mendapat lirikkan bos tim Red Bull KTM Ajo, Aki Ajo. Hal tersebut dimanfaatkan sangat baik oleh Miguel.