MotoGP

Profil Tim MotoGP 2019: Red Bull KTM

Senin, 25 Februari 2019 16:37 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter/@@KTM_Racing
Motor Red Bull KTM dan tim satelit Red Bull KTM Tech 3 Copyright: © Twitter/@@KTM_Racing
Motor Red Bull KTM dan tim satelit Red Bull KTM Tech 3

INDOSPORT.COM – Ajang kompetisi balap moto MotoGP 2019 akan segera bergulir dalam waktu dekat. Berikut profil tim MotoGP Red Bull KTM.

Pada musim 2019, KTM mendapatkan dukungan penuh dari Red Bull. Untuk kelas MotoGP, Red Bull KTM kini memiliki tim satelit dengan nama Red Bull KTM Tech 3.

KTM baru memasuki ranah MotoGP dan Moto2 pada tahun 2017. Mereka sebelumnya lebih banyak meraih sukses pada kejuaraan kelas Moto3.

CEO KTM, Stefan Pierer, ingin dua tim di kelas MotoGP dan Moto2 bisa menyusul prestasi di kelas teringan Grand Prix. Hal itu mereka lakukan dengan program pengembangan motor berdurasi panjang.

"Ini adalah program berdurasi lima tahun dan pada akhir durasi ini kami ingin meraih banyak podium dan pada musim-musim balap selanjutnya.”

“Saya ingin melihat hasil berdigit tunggal. Ini target yang realistis karena kami masih mengumpulkan data dan masih kurang pengalaman dibanding para rival. Untuk 2019, seperti kata para pemain judi, 'all in'," kata Pierer.

Pierer juga menetapkan keputusan bijak dengan memprioritaskan pengembangan motor untuk balapan ketimbang merekrut Marc Marquez dengan gaji selangit.

"Marc Marquez adalah pembalap yang luar biasa. Dia pasti akan bisa menang dengan kualitas yang kami miliki. Syukurlah pebalap masih menjadi hal yang penting di ajang balap motor," ujar Pierer seperti dilansir dari laman berita olahraga Autosport.

"Saya bahkan tidak berbicara tentang gaji pembalap bahkan jika Red Bull akan membayarnya. Saya lebih suka memasukkan uang yang kami miliki untuk mengembangkan motor. Tapi hal tersebut membutuhkan komitmen dan kesabaran."

Sementara itu, Red Bull KTM menjadi pabrikan kelima MotoGP yang meluncurkan motor pada musim 2019 dengan dua pembalap yang menjadi andalan, yakni Pol Espargaro dan JohannZarco. Secara garis besar, tidak ada perubahan pada livery RC 16 tim KTM.