MotoGP

Sirkuit Losail Qatar: Ajang Balap Malam Hari hingga Laga Perdana MotoGP Sejak 2007

Jumat, 8 Maret 2019 17:05 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© redbull.com
Sirkuit Losail,Qatar. Copyright: © redbull.com
Sirkuit Losail,Qatar.

INDOSPORT.COM – Gelaran balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP musim 2019 beberapa hari lagi akan resmi digelar, tepatnya pada 10 Maret mendatang.

Sudah lebih dari satu dekade, nyatanya MotoGP tak melakukan perubahan dalam menyelenggarakan pertandingan pembuka. Karena pada musim 2019 ini, pembukaan MotoGP kembali digelar di sirkuit Qatar.

Terhitung sejak 2007 silam, Sirkuit Losail International selalu dipercaya sebagai tempat untuk menggelar balapan pembuka MotoGP hingga saat ini.

Tempat balapan yang mempunyai panjang 5,4 kilometer tersebut pun menjadi sirkuit pertama dalam sejarah MotoGP yang menggelar pertandingan pada malam hari.

Pengelola pun akhirnya memutuskan untuk membuat terobosan baru untuk menyelenggarakan balapan MotoGP di malam hari pada 2008 silam. Langkah itu diambil untuk mengurangi risiko kecelakaan di atas sirkuit.

Karena jika balapan diselenggarakan pada siang hari, banyak gangguan yang bisa mengganggu para pengendara. Karena lokasi Sirkuit Losail International berada di tengah gurun.

Itu menyebabkan pasir beterbangan masuk ke dalam sirkuit dan membuat pandangan para pengendara terganggu. Tak hanya itu, pasir-pasir itu bisa membuat lintasan menjadi licin hingga risiko kecelakaan menjadi tinggi.