MotoGP

Jelang Jadi Tuan Rumah MotoGP, Pemprov NTB Siapkan Rumah Sakit Khusus di Mandalika

Rabu, 20 Maret 2019 15:47 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© indonesiainvestmentforum
Sirkuit Mandalika. Copyright: © indonesiainvestmentforum
Sirkuit Mandalika.

INDOSPORT.COM – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah membuat rencana untuk membangun rumah sakit khusus yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat untuk menyambut gelaran MotoGP 2021

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dr Nurhandini Eka Dewi, mengatakan rumah sakit yang dibangun di Mandalika tersebut nantinya akan digunakan secara khusus sebagai pusat penanganan trauma.

"Kita akan bangun rumah sakit tipe B khusus, untuk trauma center. Segala sesuatunya menyangkut trauma," ujarnya saat rapat pimpinan di Mataram pada Selasa (19/3/19).

Dia juga menjelaskan, biaya yang dibutuhkan untuk proses pembangunan rumah sakit akan dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan RI tahun 2020. Maka dari itu, seluruh kajian "visibility study" sudah harus masuk di Kemenkes sebelum tanggal 16 April 2019.

"Karenanya sebelum tanggal 16 April 2019 mendatang, seluruh kajian, visibility study sudah harus masuk di Kememkes," sambungnya.

Untuk perencanaan DED akan diserahkan ke Pemerintah Provinsi NTB. Sehingga tahun 2020 bangunan rumah sakit itu sudah jadi. Kemudian tahun 2021, seluruh fasilitas kesehatanya sudah tersedia dan siap untuk beroperasi.

"Kalau dana, kita tidak dibatasi berapa yang kita butuhkan. Namun kita saat ini sedang menghitung, termasuk untuk pembebasan lahan," ujarnya.

Lahan yang dibutuhkan pembangunan rumah sakit ada sekitar 3-5 hektar. Nantinya rumah sakit itu tidak hanya untuk perhelatan MotoGP saja. Tetapi juga bisa dimanfaatkan masyarakat sesuai dengan perkembangan di kawasan Mandalika.

"Kalau Mandalika sudah jalan dan berkembang, rumah sakit jenis apa, tinggal kita kembangkan. Sehingga kemanfaatan rumah sakit itu, tidak hanya saat MotoGP, namun juga berkelanjutan bagi masyarakat di masa yang akan datang," tutupnya.

Selain itu, ternyata Pemerintah Provinsi NTB juga sudah menyediakan beberapa langkah kongkrit lainya. Seperti Tim Khusus MotoGP yang diketuai oleh Sekretaris Daerah (Sekda) NTB. Dan juga pembenahan infrastruktur jalan plus sirkuit bagi para pembalap MotoGP.

Terus Ikuti Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT

Penulis: Risto Risanto.