Rio Haryanto Comeback, Gelar Juara Blancpain GT Asia Siap Jadi Incaran

Jumat, 22 Maret 2019 21:22 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images
Rio Haryanto Copyright: © Getty Images
Rio Haryanto

INDOSPORT.COM - Pembalap Indonesia Rio Haryanto akan kembali mengaspal.  Pria berusia 26 tahun itu sudah memiliki incaran, yakni gelar juara di ajang Blancpain GT World Challenge Asia 2019 dan Asian Le Mans Series 2019/20 setelah dilirik tim T2 Motorsports.

"Ini adalah suatu peluang. Targetnya tentu kita ingin menang di Blancpain dan Asian Le Mans," Jelas Rio dikutip dari Antara, pada Jumat (22/3/19).

"Setelah penantian dua tahun, target dan tantangannya sangat besar. Tentunya, kita ingin membawa nama Indonesia di tingkat internasional," tambahnya.

Kali ini, Rio Haryanto akan menunggangi mobil Ferrari 488 GT3, dan dirinya akan bersanding dengan pembalap senior, David Tjiptobiantoro, di kedua ajang balapan itu.

Rio dan pasangannya akan bersaing dengan jajaran mobil GT3 lainnya seperti McLaren 720S GT3, Audi R8 LMS GT3 Evo, Honda NSX GT3 Evo, Lamborghini Huracan GT3 Evo, Porshche 911 GT3 R dan Mercedes-AMG GT3.

Menelisik sedikit tentang T2 Motorsports, mereka merupakan tim balap independen Asia yang dibentuk pada 2016 oleh pembalap sekaligus pengusaha Indonesia David Tjiptobiantoro dan Gregory Teo asal Singapura.

David Tjiptobiantoro sendiri adalah pebalap Indonesia pertama yang turun di ajang balap 24 jam. Memulai debut di dunia balap pada 2012, kejuaraan pertamanya ialah ajang Ferrari Challenge Asia Pacific- Coppa Shell.

Lalu, pada tahun 2014, David Tjiptobiantoro berhasil mendapatkan gelar juara pertamanya di ajang dan kategori yang sama.

David mengaku senang bisa dipasangkan dengan Rio, ia menilai mereka akan menjadi pasangan yang akan saling melengkapi.

"Rio dengan pengalaman dan karir balap dia, mungkin nanti kita bisa saling isi," tutur David.

Kejuaraan Blancpain GT World Challenge Asia 2019, kasta tertinggi balapan yang diperuntukkan untuk mobil GT3 dan GT4 di Asia itu merupakan balapan pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia, 6-7 April mendatang.

Berbeda dengan Formula 1, yang menurunkan dua pebalap dengan dua mobil berbeda, di Blancpain GT series, satu tim menurunkan dua pebalap profesional dan amatir yang akan bergantian mengemudikan satu mobil yang sama.

Penulis: Chairun Nissa

Baca berita otomatif, Rio Haryanto, dan olahraga lainnya di INDOSPORT.COM.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%