Mengenal Blancpain GT World Challenge Asia, Petualangan Baru Rio Haryanto

Minggu, 10 Februari 2019 18:05 WIB
Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Setelah sekian lama kabarnya tidak terdengar, Rio Haryanto akhirnya bakal kembali menjalani balapan satu musim penuh. Pembalap kebanggaan Indonesia itu bakal berpacu dalam GT World Challenge Asia.

GT World Challenge Asia ini merupakan salah satu ajang balap yang paling bergengsi di kawasan Asia. Kejuaraan ini sudah diselenggarakan sejak 2 tahun silam atau tepatnya pada 2017.

GT World Challenge Asia 2019 ini bakal menggelar balapan selama 12 jam yang tersebar dalam 6 lintasan atau sirkuit yang terdiri di 5 negara. Keempat negara tersebut adalah Malaysia, Thaialnd, Jepang, Korea Selatan dan China.

Pertama adalah Sirkuit Sepang, Malaysia yang digelar pada 6-7 April 2019 mendatang. Selanjutnya Sirkuit Chang, Thailand pada 11-12 Mei. Berikutnya, para pembalap bakal ke Jepang untuk bertarung di dua seri, yakni di Sirkuit Suzuka (22-23 Juni) dan Fuji Speedway, Oyama (6-7 Juli)

Setelah dari Jepang, seri balapan berikutnya adalah bertempat di Sirkuit Yeongam, Korea Selatan, yang berlangsung pada 3-4Agustus. Kejuaraan balap bergengsi Asia ini pun ditutup di Sirkuit Shanghai, China pada 21-22 September 2019 mendatang.

Ajang ini memperlombakan dua kelas, yakni GT3 dan GT4. Meski berbeda kelas, namun lintasan atau sirkuit yang dijalani tetap sama. Mobil-mobil GT3 biasanya diramaikan oleh mobil-mobil andalan pabrikan besar seperti Porsche, Ferrari, dan Audi.

Dengan mobil yang berbeda-beda, SRO bakal menerapkan peraturan yang sudah terkenal di dunia, yakni Balance of Performance (BoP), yang gunanya untuk memastikan performa setiap mobil balap bakal berjalan seimbang, adil, dan tidak ada yang lebih cepat.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%