Formula 1

Sudah Pensiun, Fernando Alonso Kembali Lagi ke Dunia Balap Mobil

Kamis, 28 Maret 2019 13:31 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© Motorsport
Fernando Alonso saat menjajal balapan di IndyCar Copyright: © Motorsport
Fernando Alonso saat menjajal balapan di IndyCar

INDOSPORT.COM – Mantan pembalap Formula 1, Fernando Alonso, dijadwalkan akan mencicipi mesin Toyota Hilux untuk pertama kalinya dalam sesi tes Reli Dakar selama dua hari, Rabu dan Kamis (27-18 Maret 2019), di Afrika Selatan.

Juara dunia dua kali F1 ini rencananya akan bergabung dengan Gazoo Racing Afrika Selatan untuk menjajal mesin Reli Dakar di lintasan padang pasir dan berkirikil di dekat kota Bokhara, 900 km dari ibu kota negara Johannesburg, Afrika Selatan.

Dilansir dari berita sports, Motorsport, Alonso yang memenangkan World Endurance Champions bersama Toyota akan menjajal dua mesin Hilux Dakar 2019 bersama co-driver-nya Ginier de Villiers serta Dennis Murphy.

Menurut manajer tim, Glyn Hall, sesi tes tersebut dimaksudkan untuk menilai minat Alonso untuk menambahkan Reli Dakar ke kariernya di masa depan.

“Langkah pertama adalah melakukan tes di lintasan yang aman terkendali, jadi kami berdua tahu apa potensinya,” kata Hall pada bulan Januari lalu.

“Mungkin dia tidak akan menyukainya, atau mungkin akan menyita banyak jadwalnya untuk menantang tingkat kesulitan berkompetisi di Reli Dakar,” jelasnya.

“Keterampilan Fernando (Alonso) luar biasa, kami sudah melihatnya selama 17 tahun kariernya (di F1). Dia telah berkembang menjadi salah satu (pembalap) terbaik di dunia.”

Alonso sendiri sebenarnya pernah menjalani tes di tanah kerikil bersama Carlos Sainz Sr dan Jr pada Natal tahun lalu. Ia juga menjajal dua mobil Serie G di sirkuit es Pas de la Casa di Andorra pada bulan Maret.

Usai mengakhiri kariernya di Formula 1, Alonso memilih memfokuskan usahanya di Indy Car 500 kedua bersama tim McLaren.

Ikuti Terus Berita Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM