MotoGP

GP Ceko Terancam Dihapus di Musim 2021, Nama Indonesia Dipertimbangkan

Kamis, 30 Mei 2019 10:22 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© kicknews.today
Penampakan Sirkuit MotoGP di Lombok. Copyright: © kicknews.today
Penampakan Sirkuit MotoGP di Lombok.

INDOSPORT.COM - MotoGP Ceko saat ini sedang berada di ujung tanduk lantaran terancam akan dicoret dari MotoGP Musim 2021.

Dilansir dari laman berita olahraga Tuttomotoriweb, hingga kini pihak penyelenggara GP Ceko belum kunjung memperbaharui kontrak. Hal tersebut membuat balapan di Sirkuit Brno itu terancam tidak akan berlanjut lagi.

Dorna Sports selaku operator MotoGP pun tidak segan untuk memberikan peringatan tegas kepada pihak penyelenggara GP Ceko.

Pasalnya perlu investasi besar agar balapan di negara tersebut bisa terus berlangsung. Ditambah lagi sudah banyak permintaan dari seluruh penjuru dunia untuk menambah balapan.

Nama Indonesia pun tampaknya ikut diperhitungkan untuk masuk dalam agenda MotoGP. Seperti yang telah diketahui, Indonesia kini sedang mempersiapkan Sirkuit Mandalika, Lombok untuk pagelaran MotoGP 2021.

"Kami punya banyak permintaan dari seluruh penjuru dunia saat ini. Finlandia sudah ada untuk balapan 2020," ujar Carmeloo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sport.

"Selain itu ada Indonesia, Meksiko, Portugal, dan banyak negara lainnya yang masuk daftar tunggu. Oleh karena itu, Dorna dalam waktu dekat akan membuat ultimatum dengan penyelenggara GP Ceko," tegasnya.

Salah satu penyebab dari masalah pembaharuan kontrak adalah karena pemerintah Republik Ceko enggan membayar subsidi untuk menggelar balapan secara penuh.

Seharusnya dana yang dibayarkan adalah sebesar 2,6 juta euro (Rp41,9 miliar), namun pemerintah setempat hanya mampu memberikan subsidi sebesar 1,56 juta euro (Rp25,1 miliar).