MotoGP

Analisis MotoGP Catalunya 2019: Ketika Kecelakaan Beruntun Mengubah Jalannya Lomba

Minggu, 16 Juni 2019 20:32 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Kecelakaan di tikungan 10 pada MotoGP Catalunya, Minggu (16/06/2019).

INDOSPORT.COM - Kecelakaan beruntun terjadi di MotoGP Catalunya 2019, Minggu (16/06/19). Berikut analisis MotoGP Catalunya 2019. 

Balapan MotoGP Catalunya 2019 telah berakhir, Minggu (16/06/19). Marc Marquez akhirnya bisa meraih gelar juara MotoGP Catalunya 2019 setelah cukup lama absen dari podium 1 di sirkuit ini. 

Marc Marquez finis dan meninggalkan lawan-lawannya dengan selisih waktu 2,660 detik. Fabio Quartararo yang merupakan peraih pole position, akhirnya bisa meraih podium pertamanya di kelas MotoGP dengan finis ke-2. 

Sedangkan posisi 3, diraih oleh Danilo Petrucci yang pada pekan lalu menjuarai MotoGP Italia 2019. MotoGP Catalunya 2019 juga diwarnai sejumlah insiden yang cukup berpengaruh pada jalannya lomba. 

Kecelakaan Beruntun

Pembalap pertama yang harus keluar dari lomba adalah Bradley Smith, kemudian disusul Karel Abraham yang hanya balapan di lap pertama. 

Kemudian Aleix Espargaro juga harus mengakhiri lomba lebih cepat. Hingga akhirnya kecelakaan beruntun yang mengubah jalannya lomba pun terjadi. 

Jorge Lorenzo yang gagal mengusai motornya, menyenggol Andrea Dovizioso. Tidak hanya sampai disitu, Maverick Vinales ikut terseret ke luar lintasan. 

Sedangkan Valentino Rossi tersenggol motor dari Jorge Lorenzo yang meluncur ke arahnya. Sehingga 4 pembalap ternama tersebut gagal melanjutkan lomba. 

Marquez Tanpa Saingan

Setelah 4 pembalap ternama tersebut gagal meneruskan lomba, Marc Marquez mengambil alih pimpinan lomba dan nyaris tidak ada perlawanan dari pembalap lain. 

Pembalap-pembalap lain pun ikut berjatuhan hingga hanya menyisakan 13 pembalap saja di atas lintasan. Dari 13 pembalap tersebut, hanya ada 3 pembalap yang sudah meraih podium di MotoGP 2019. 

3 pembalap itu adalah Danilo Petrucci, Alex Rins, dan Jack Miller. Tetapi sayangnya, Marc Marquez sudah terlalu jauh memimpin dan sulit untuk dikejar oleh 3 pembalap tersebut. 

Danilo Petrucci dan Alex Rins sempat bersaing untuk meraih posisi ke-2, sebelum Alex Rins gagal melakukan pengereman dengan sempurna dan tercecer hingga posisi 7. 

Danilo Petrucci pun gagal mempertahankan posisi ke-2 dan finis di posisi ke-3. 

Berkah Bagi Fabio Quartararo

Kecelakaan yang menimpa Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi tak hanya membawa berkah bagi Marc Marquez. 

Kecelakaan tersebut juga membuat Fabio Quartararo meraih podium pertamanya di kelas MotoGP. Meskipun Fabio Quartararo start dari posisi pertama sebagai peraih pole position, namun dirinya tak diunggulkan untuk naik podium. 

Apalagi di awal lomba posisinya sudah diambil oleh Andrea Dovizioso yang langsung merangsek ke depan dari posisi 9. Tetapi kecelakaan beruntun yang terjadi, merubah jalannya lomba. 

Marc Marquez berhasil meraih gelar juara, dan Fabio Quartararo meraih podium pertamanya di kelas MotoGP pada balapan MotoGP Catalunya 2019. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%