Apa Kabar Rifat Sungkar, Eks Pembalap yang Terseret Istri ke Layar Lebar

Sabtu, 22 Juni 2019 14:47 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Lama tak terdengar kabarnya, mantan pembalap Indonesia Rifat Sungkar kini aktif dunia entertaiment hingga menjadi Youtuber.

Rifat Helmy Sungkar atau yang lebih dikenal dengan Rifat Sungkar, lahir di Jakarta pada 22 Oktober 1978 adalah mantan pembalap mobil rally ternama di Indonesia.

DNA balap Rifat mengalir dari sang ayah, Helmy Sungkar yang juga mantan pereli nasional pada tahun 1970-an. Serta tumbuh dan dibesarkan dari keluarga yang tak jauh dari dunia otomotif.

Istri Helmy, Ria Sungkar adalah putri dari pasangan Soehirman dan Atika Oetji, pemilik perusahaan otomotif Inremco Soehirman Gondokesoemo. Maka tidak heran jika Rifat pun memutuskan menggeluti dunia balap sebagai profesinya. 

Pernah Alami Hidup Susah

Meski lahir dari kalangan keluar mampu, bukan berarti Rifat Sungkar bisa membangun kariernya dengan mudah. Pria yang kini berusia 40 tahun itu pernah mengalami masa-masa sulit dalam perjalanan hidupnya.

"Dulu saya awal karir enggak punya apa-apa. Bahkan saya harus jualan baju, velg dan jualan roti buat ikut balap," kata Rifat mengutip dari GridOto (17/01/18).

"Jadi dari awal karir itu yang saya lakukan adalah saya punya semangat agar apapun keadaannya saya enggak mudah menyerah untuk menjadi pembalap di Indonesia," ceritanya.

Perjuangan sulit itu akhirnya mampu dilalui Rifa Sungkar dengan hasil manis. Kejuaran demi kejuaran ia ikuti dan sukses membuat bangga kedua orang tuanya.

Prestasi Rifat Sungkar

Selain Helmy dan Ria Sungkar, masyarakat Indonesia juga bangga melihat karier gemilang yang rasakan oleh Rifat di dunia balap.

Pasalnya, ia beberapa kali ia mampu mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di mancanegara.

Adapun kejuaran balap yang berhasil ia menangkan adalah mulai kejuaraan nasional sprint rally hingga Asia Pacific Rally Championship (APRC), World Rally Championship (WRC), maupun Rally America.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETMantan pembalap indonesia, Rifat Sungkar (kiri) dan istrinya Sissy Priscillia (kanan).

Atas prestasi apiknya itu, termasuk menjadi 8 kali Juara Nasional Reli, membuat Rifat Sungkar diapresiasi oleh negara. Ia dianugerahkan ”Bintang Prestasi” yang disematkan langsung oleh Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Rifat Sungkar kemudian memutuskan pensiun dari ajang kompetisi reli mobil pada tahun 2013 dan beralih menjadi offroader, dan pernah mengikuti kompetisi lalu menjadi Juara Nasional Group 3 dan Best Over All.

Kegiatan Terkini Rifat Sungkar

Tiga tahun sebelum pensiun tepatnya pada 10 Juli tahun 2010, Rifat Sungkar memutuskan untuk mengucap jani setia dengan aktris cantik Sissy Priscillia. 

Rumah tangga mereka makin lengkap setelah dikaruniai dua orang anak bernama El Mayka Rifat Sungkar dan Mikkairo Riley Sungkar. Selama sembilan tahun berlalu, rumah tangga mereka tak pernah diterpa gosip miring.

Menikah dengan bintang film, membuat Rifat juga ikut mendapat berkahnya. Ia juga terjun ke dunia hiburan Tanah Air, dan mulai menekuni dunia akting dengan bermain di film Milly & Mamet tahun 2018 lalu.

Selain itu, Rifat juga aktif membuat konten tak jauh-jauh dari dunia olahraga balap, di channel Youtube-nya Rifato. Mulai dari berbagi pengalaman selama menjadi pembalap, hingga bernostalgia menjajal mobil balap.

Hal tersebut dilakukan karena Rifat tidak bisa melupakan cabang olah raga yang membuat dia menjadi legenda olahraga Indonesia.

Atas dedikasinya itu, ia didapuk sebagai Koordinator Komisi Drift IMI (Ikatan Motor Indonesia). Dirinya juga ditunjuk sebagai duta safety driving Indonesia, dalam rangka mendukung kampanye FIA dan UNESCO untuk mengurangi kecelakaan lalu-lintas sampai dengan 50% pada tahun 2020.