Formula 1

Gagal Ulang FP2, Rio Haryanto Finis ke-18 di Blancpain GT Suzuka 2019

Sabtu, 22 Juni 2019 15:34 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Rio Haryanto gagal meraih hasil bagus pada seri kelima ajang balapan Blancpain GT World Challange Asia 2019 yang digelar di Sirkuit Suzuka, Jepang, Sabtu (22/6/19) siang. Bertandem dengan pembalap asal Singapura, Grergory Teo, Rio hanya mampu finis di posisi ke-18 pada race pertama.

Hasil tersebut jelas jauh dari pencapaian Rio Haryanto pada Free Practice (Latihan Bebas) 2 yang berlangsung Jumat (21/6/19) di mana ia berhasil menjadi yang tercepat kedua di kelas GT3.

Membela tim T2 Motorsports dengan mengendarai mobil Ferrari 488 GT3, Rio dan Gregory memulai balapan dari posisi ke-18. Gregroy menjadi pembalap pertama yang turun ke lintasan.

Di lap awal, Gregrory terlihat kesulitan untuk menembus rombongan pembalap di depan. Ia tertahan di posisi ke-20. Setelah melahap 11 putaran, Gregroy kemudian digantikan oleh Rio Haryanto.

Rio yang masuk pada lap ke-12 sempat melorot hingga posisi ke-24. Namun, ia kembali bisa masuk posisi 20 besar saat memasuki lap ke-14.

Sementara itu di posisi terdepan, Philip Hamprecht dari tim Absolute Racing semakin tak terkejar. Di belakang Hamprecht, ada Leo Ye Hongli yang juga merupakan pembalap Absolute Racing, dan pembalap asal Jepang dari tim ARN Racing, Yuta Kamimura.

Memasuki lap ke-24, Rio mampu menyodok ke posisi 19. Dua lap kemudian, tepatnya pada lap ke-26, Rio mampu memperbaiki peringkat ke posisi 18. Rio berhasil mempertahankan posisinya hingga balapan usai.

Di posisi terdepan, Hamprecht tetap mempertahankan posisinya. Pembalap asal Jerman itu akhirnya menjadi pembalap tercepat dengan catatan waktu 1 jam 21,208 detik. Catatan waktu itu membuat Hamprecht dan rekan setimnya, Munkong Sathienthirakul berhak menempati podium pertama.

Podium kedua ditempat oleh Leo Ye Hongli dan Yuan Bo yang juga merupakan duet pembalap Absolute Racing. Lalu di podium ketiga ditempati oleh pembalap ARN Racing Yuta Kamimura dan Hiroki Nagai.

Sedangkan Rio Haryanto yang berduet dengan Gregory Teo menempati posisi ke-18. Selanjutnya, race kedua Blancpain GT World Challange Asia 2019 seri keenam di Sirkut Suzuka akan digelar Minggu (23/6/19) besok.